get app
inews
Aa Read Next : Tak Undang Rektor, Guru Besar hingga BEM Undip Semarang Gelar Aksi Darurat Demokrasi

Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Pesisir Batang Hijrah dari Ekonomi Ekstraktif ke Ekonomi Kreatif

Minggu, 25 September 2022 | 12:39 WIB
header img
Puluhan mahasiswa Undip mengikuti KKN Tematik Blue Economy, Matching Fund (MF) Kedaireka Undip-PT BPI, dengan menanam ratusan bibit cemara laut di Pantai Roban. Foto Ist

BATANG, iNewsSemarang.id - Puluhan mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) dari berbagai fakultas menanam 200 bibit pohon cemara laut di pinggir Pantai Roban Barat, Kedungsegog, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang.

Penghijauan vegetasi pantai ini merupakan salah satu kegiatan KKN Tematik Blue Economy, Matching Fund (MF) Kedaireka Undip-PT BPI. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya hutan pantai sebagai fungsi mitigasi bencana, perlindungan pantai dan pemanfaatan wisata bahari.

“Diharapkan hal itu dapat mengubah cara berpikir masyarakat pesisir dari ekonomi ekstraktif menjadi ekonomi kreatif dan bernilai tambah,” kata Ketua Tim MF Kedaireka Undip Blue Economy di Batang, Munasik, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan, kegiatan KKN merupakan prasyarat program MF Kedaireka, yaitu mahasiswa bekerja di luar kampus untuk belajar menyelesaikan masalah di masyarakat.

“Selain KKN, belajar di luar kampus, program kami adalah magang mahasiswa yang diikuti 30 mahasiswa,” katanya.

Sementara, keterlibatan siswa sekolah dasar (SD) dalam penghijauan vegetasi pantai guna mendorong berdirinya Sekolah Pantai (Santai) yang sudah digagas kelompok masyarakat.

“Undip akan memfasilitasi kurikulum sekolah tersebut, baik untuk pembelajaran biodiversitas pantai, mitigasi bencana, konservasi dan wisata bahari,” ujarnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut