get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Undip Nyalakan 1.000 Lilin, Bentuk Keprihatinan atas Kematian Dokter Aulia Risma 

KKN di Bendo Sragen, Mahasiswa Undip Edukasi Petani Pembuatan Biochar dari Limbah Pertanian

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:00 WIB
header img
Mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2023/2024 ditempatkan di Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Foto/Undip.

SRAGEN, iNewsSemarang.id - Mahasiswa Undip memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pembuatan biochar dari limbah pertanian. Kegiatan itu bagian implementasi dalam program KKN.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) periode 2023/2024 yang ditempatkan di Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen melaksanakan program kerja multidisiplin dengan topik “Pemberdayaan Pengetahuan Masyarakat: Meningkatkan Kesuburan Tanah Melalui Penggunaan Biochar Aktif”.

Di bawah bimbingan Riza Susanti, program kerja ini dikemas dalam dua sesi. Pada sesi pertama, diisi dengan pelatihan pembuatan biochar aktif dari limbah pertania. 

Sementara sesi kedua diisi dengan materi pemilihan badan usaha yang tepat dalam rangka menggali potensi ekonomi dari produksi biochar yang dapat dilakukan masyarakat. Penyuluh Pertanian Desa Bendo Dyah Prabantari mengaku sangat antusias dengan pelatihan ini. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas kegiatan pelatihan ini, semoga ke depannya dapat bermanfaat dan diterapkan oleh peserta yang hadir. Selain itu, semoga para petani tidak kebingungan lagi dalam mendirikan sebuah usaha, apalagi untuk usaha biochar aktif ini," katanya, melalui siaran pers, Minggu (11/8/2024). 

Selain dari para peserta, pelaksanaan program kerja ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Desa Bendo Samsu. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut