get app
inews
Aa
Read Next : Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2024: Indonesia Ungguli Israel

Duduki Posisi Pertama Browser Paling Tidak Aman, Ini Kelebihan dan Kekurangan Yandex Browser

Selasa, 27 September 2022 | 19:33 WIB
header img
Yandex Browser dinilai tak aman sebab berasal dari developer Rusia. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Yandex Browser saat ini sedang ramai dibicarakan banyak orang. Hal ini lantaran disebut browser tidak aman oleh sejumlah situs terkemuka hingga membuat banyak orang sangsi untuk menggunakannya 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui fakta sebenarnya.

Yandex Browser atau dapat disebut juga sebagai "Google-nya Rusia" merupakan aplikasi browser yang dirancang oleh developer asal Rusia yang banyak digunakan di negara tersebut. 

Aplikasi browser ini bahkan memiliki layanan default yang hampir mirip dengan Google. Layanan tersebut diantaranya adalah email, penyimpanan berbasis cloud, hingga map.

Sayangnya, Yandex Browser menempati urutan pertama sebagai browser paling tidak aman di tahun 2022 menurut survei yang dilakukan oleh situs ExpressVPN. Sebaliknya, DuckDuckGo, Tor Browser, dan Mozilla Firefox menjadi browser yang paling aman untuk digunakan.

Dilansir dari ExpressVPN.com pada Senin (15/8/2022), Trinity College Dublin pernah merilis sebuah studi pada awal 2020 mengenai peringkat browser teraman di dunia. Hasilnya, Yandex browser dinyatakan sebagai salah satu browser dengan peringkat terendah untuk keamanan privasi. 

Bersamaan dengan Microsoft Edge, ditemukan bahwa Yandex browser kerap mengambil data pengguna. Browser ini mengirimkan pengenal persisten yang dapat digunakan untuk menautkan permintaan ke server back end.

Tak hanya itu, Yandex browser juga menelusuri data lewat fungsi autocomplete. Pengguna pun dibuat tidak bisa menghindari metode pengumpulan data dari Yandex browser tersebut.

1. Kelebihan Yandex Browser

Meskipun diklaim tidak aman, Yandex browser memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan menggunakan Yandex browser.

2.Tampilan antarmuka yang sederhana

Yandex browser terkenal memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan pengguna. Navigasi bahkan bisa dilakukan dengan satu tangan karena adress bar terletak di bagian bawah.

3.Mendukung sejumlah sistem operasi

Yandex browser bisa digunakan pada perangkat dengan berbagai sistem operasi. Tak tanggung-tanggung, browser ini bisa mendukung sistem operasi Android, iOS, Windows, macOS, hingga Linux.

4.Dapat digunakan secara gratis

Sama dengan aplikasi browser lainnya, Yandex browser juga bisa diunduh dan diakses secara gratis. Tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, sejumlah fitur bisa dinikmati pengguna aplikasi browser ini.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut