get app
inews
Aa Read Next : 25 Contoh Kalimat Definisi, beserta Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Kalimat Perintah Berdasarkan Jenisnya, Lengkap dengan Pembahasannya

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 17:59 WIB
header img
Contoh kalimat perintah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan jenisnya. (Ist)

Contoh kalimat perintah di sini adalah kalimat sederhana yang dapat kamu temukan dalam keseharian, sehingga akan lebih mudah diingat. Contoh kalimat perintah yang disajikan juga dibuat berdasarkan jenis kalimat perintah agar lebih mudah dipahami.

Sebelum ke contoh, lebih dulu akan dijelaskan mengenai definisi kalimat perintah.

Kalimat perintah merupakan kalimat yang berisi atau bermakna meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, kalimat perintah adalah kalimat yang isinya meminta atau memerintah orang lain untuk melakukan hal yang kita kehendaki.

Dalam Bahasa Indonesia, kalimat dibagi menjadi beberapa jenis yakni kalimat perintah, kalimat informasi, kalimat pertanyaan, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kerap kita temukan penggunaan kalimat perintah. Apakah itu kalimat perintah dari orang tua atau kalimat perintah dari diri kita untuk orang lain.
Kalimat perintah atau permintaan juga disebut dengan kalimat imperatif. Penulisan kalimat perintah ini biasanya diakhiri dengan tanda seru (!). Sedangkan dalam bentuk lisan, kalimat perintah biasa ditandai dengan intonasi tinggi.

Terdapat 8 jenis kalimat perintah. Jenis-jenis kalimat perintah tersebut diantaranya perintah biasa, kalimat perintah berupa ajakan, kalimat perintah berupa larangan, kalimat perintah bentuk permintaan, kalimat perintah dalam bentuk sindiran, kalimat perintah untuk mempersilahkan, kalimat perintah dalam bentuk saran, dan yang terakhir yaitu kalimat perintah berbentuk informasi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak kumpulan kalimat perintah berdasarkan jenisnya berikut ini.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut