get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Janji Belajar Bahasa Indonesia demi Memperlancar Komunikasi dengan Pemain

Contoh Teks Sejarah Pribadi, beserta Struktur Penulisannya

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:24 WIB
header img
Ilustrasi menulis teks sejarah pribadi. Foto : freepik

JAKARTA, iNewsSemarang.idContoh teks sejarah pribadi ini dapat membantu para siswa memahami teks sejarah pribadi dan bagaimana struktur penulisannya dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Teks cerita sejarah pribadi merupakan teks yang dibuat berdasarkan peristiwa atau pengalaman seseorang di masa lalu. Teks cerita sejarah pribadi dapat digunakan untuk mengamati, mempelajari, dan mengambil hikmah atas peristiwa yang telah terjadi.

Sama seperti teks cerita pada umumnya, teks cerita sejarah pribadi juga memiliki latar waktu, tempat, serta unsur penting lainnya yang dapat membangun isi cerita.

Sebelum ke pembahasan contoh, lebih dulu akan disampaikan mengenai struktur teks sejarah pribadi.

Struktur Penulisan Teks Cerita Sejarah Pribadi

Untuk dapat membuat teks cerita sejarah pribadi yang baik, maka kamu perlu mengetahui strukturnya terlebih dahulu.

Struktur teks cerita sejarah pribadi terdiri atas:

a. Orientasi

Bagian pengenalan yang berkaitan dengan munculnya tokoh serta latar cerita. Pada bagian ini biasanya juga dijelaskan sedikit gambaran mengenai kisah yang akan diceritakan.

b. Urutan peristiwa

Bagian ini berisi rekaman peristiwa sejarah yang sudah terjadi dan dipaparkan berdasarkan kronologis waktunya.

Pada bagian ini biasanya seluruh tokoh, alur, dan latar cerita akan ditampilkan.

c. Reorientasi

Bagian terakhir dari teks cerita sejarah pribadi adalah reorientasi. Bagian ini biasanya memuat beberapa pendapat dari penulis, seperti tanggapan atau simpulan.

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi

Setelah memahami definisi teks sejarah pribadi dan struktur penulisannya, berikut ini beberapa contoh teks cerita sejarah pribadi yang dirangkum dari berbagai sumber bisa menjadi referensi untukmu.

[Orientasi]

Nama saya adalah Luqi Nur Afika biasa d panggil Luqi. saya lahir di Banjarnegara 3 Maret 1998. Saya adalah anak kedua dari tiga saudara yaitu kakak dan adik perempuanku.

[Urutan peristiwa]

Pada tahun 2003 saya masuk ke taman kanak-kanak atau TK. Karena dulu belum ada yang namanya PAUD saya langsung masuk ke TK. Dulu saya selalu berangkat diantar oleh ayah saya setelah diantar ayah saya langsung pergi ke ladang untuk bercocok tanam di kebun.

Pada waktu libur tiba saya kadang ikut ke kebun bersama ayah untuk bermain main di kebun dan sekitar sungai. Setelah beberapa waktu saya masuk ke sekolah dasar atau SD. Saya bersama teman saya yang bernama Dani teman dari diriku kecil sampai saat ini.

Bersama Dani saya selalu duduk satu meja dengan nya dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Sampai di kelas 5 tepatnya kenaikan ke kelas 6. 2 kelas dibuat satu, satu kelas ada 50 orang dalam satu ruangan bersama.

Dan pada saat lulus sekolah SD saya dan Dani pun berpisah karena kita berdua memasuki sekolah yang berbeda. Saya masuk di SMP Negeri 1 Batur dan Dani masuk ke MTS Muhammadiyah 1 Batur.

Di SMP saya mempunyai banyak kenangan bersama dengan teman teman. Seperti pas waktu MOS atau masa orientasi siswa yang sering di kerjain oleh kakak kelas kami. Tapi kami tidak pernah jengkel atau marah kepada kakak kelas kami, karena memang kami tidak berani melawan kakak kelas.

Setelah lulus SMP saya pun melanjutkan sekolah di SMA 1 Batur Banjarnegara dan ternyata Dani daftar di sekolahan yang sama. Sehingga saya dan dani berdua bersama kembali di sekolah SMA. Karena tahu di MOS SMA saya tidak terlalu minat saya dan Dani tidak mengikutinya. Saat masuk SMA saya sudah seperti remaja nakal biasanya.

Seperti merokok dan bolos sekolah saya biasanya melakukannya bersama dengan teman teman saya. Memang itu suatu hal yang negatif tapi saya mempunyai pengalaman di sekolahan. Tidak kaget juga kalau saya dan teman-teman biasa dipanggil ke ruang BK. Karena kenakalan kami yang sering kepergok oleh guru pas ketahuan merokok di kamar mandi.

[Reorientasi]

Selama masa TK SD SMP sampai SMA saya mempunyai banyak kenangan bersama teman teman saya. Dari suka dan duka bersama teman teman saya yang sangat berharga dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

(Sumber: Pinhome)

Itulah pengertian teks sejarah pribadi lengkap dengan struktur penulisan dan contohnya. Sekarang, cobalah kamu membuat teks sejarah pribadimu sesuai dengan yang dijelaskan di atas.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut