get app
inews
Aa Read Next : Hendi dan Jenderal Andika Bertemu, LKPP dan TNI Bersinergi

Resmi Dilantik Jadi Kepala LKPP, Hendi Mundur dari Wali Kota Semarang

Senin, 10 Oktober 2022 | 14:55 WIB
header img
Hendrar Prihadi (Hendi) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala LKPP, Senin (10/10/2022). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Atas penunjukan dan amanah yang diberikan langsung kepadanya itu, Hendi akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Walikota Semarang

Hendi mengungkapkan bahwa dia sudah berkoordinasi dengan Kemendagri terkait pengunduran diri dari jabatan sebelumnya Wali Kota Semarang.

"Kalau saya lihat regulasinya pasti harus ada surat pemberhentian dari Kemendagri. Pak menteri tadi saya sudah berbicara beliau akan segera proses," kata Hendi di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (10/10/2022). 

Hendi mengatakan penggantinya nanti yakni Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita). 

"Nanti kalau udah ada pemberhentian saya sebagai wali kota maka akan muncul Plt yang otomatis sesuai regulasi itu adalah Wakil Wali Kota Bu Ita," paparnya.

Terkait penunjukan dirinya sebagai Kepala LKPP, Hendi siap langsung bekerja. Menurutnya, dia sudah paham dengan pola kerja Presiden Jokowi karena sama-sama pernah menjadi wali kota di Jawa Tengah.

"Kalau saya dengan Pak Presiden karena sama-sama di Jawa Tengah pasti saya merasa saya bagian dari beliau. Pertama di saat dia jadi wali kota saya waktu itu jadi Plt wali kota," katanya.

Kedekatan itu, kata Hendrar juga terjadi pada saat Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden. Saat itu Hendrar masuk sebagai tim sukses.

"Tapi kemudian ketemu lagi karena waktu itu beliau nyalon presiden. Kita jadi bagian dari timnya. Jadi insya Allah ya nggak ngerti banyak tentang beliau tapi saya ada pemahaman karakter beliau yang tidak terlalu banyak dalam berkenalan tapi insya allah kami profesional," kata Hendrar.

Faktor lainnya, kata Hendrar dirinya terpilih Kepala LKPP karena kepercayaan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya rasa begitu (ada kepercayaan Megawati) karena saya menggantikan pak Anas yang juga kader PDIP," pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut