get app
inews
Aa Read Next : Mudik Pakai Kendaraan Listrik, Ini Lokasi 25 SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa

6 Mobil Listrik Ini Bakal Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah, Simak Spesifikasi dan Harganya

Kamis, 13 Oktober 2022 | 07:39 WIB
header img
Mobil listrik resmi menjadi kendaraan dinas pemerintah menyusul terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022. Foto: Biro Pers Setpress

JAKARTA, iNewsSemarang.idMobil listrik akan menjadi Kendaraan Dinas Pemerintah. Hal ini diatur melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah.

Inpres tersebut diterbitkan dengan tujuan agar para pejabat pemerintahan bisa menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dan target net zero emission pada 2060.

Melalui kebijakan tersebut pemerintah pusat dan daerah sudah bisa melakukan pengadaan anggaran untuk mobil listrik. Tak hanya itu, pemerintah Indonesia juga menjadikan mobil listrik sebagai kendaraan resmi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Daftar Mobil Listrik yang Bakal Dijadikan Kendaraan Dinas Pemerintah

Kira-kira mobil apa saja itu? Dirangkum iNews.id, berikut deretan mobil lisrik yang dijadikan kendaraan dinas.

1. Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5
 


Hyundai Ioniq 5 bakal menjadi salah satu pilihan mobil listrik dinas pemerintah. Foto Ist


Mobil listrik ini bisa menjadi pilihan bagi pejabat tinggi negara karena memiliki teknologi yang canggih dan fitur-fitur terkini. Desainnya juga terlihat sangat futuristik, sehingga tak menghilangkan kewibawaan seorang pejabat.

Hyundai Ioniq 5 memiliki dua varian, yakni Prime dan Signatur, dengan dua opsi standard range dan long range. Untuk tipe tertinggi, mobil listrik ini dilengkapi baterai Lithium-ion berkapasitas 58 kWh yang dapat menempuh jarak 451 km.

Sementara untuk sistem keamanan, Hyundai Ioniq 5 dilengkapi Hyundai Smartsense, Advance Driver Assistance System (ADAS), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), serta Lane Following Assist (LFA), sehingga membuat pejabat negara tetap tenang.

Di G20 Hyundai menyiapkan seikitnya 300 unit mobil listrik Ioniq dan Ioniq 5 yang akan menjadi kendaraan resmi pejabat dari dalam dan luar negeri.

Daftar harga mobil listrik G20 Hyundai

- Prime Standard Range Rp748 juta
- Prime Long Range Rp 789 juta
- Signature Standard Range Rp809 juta
- Signature Long Range Rp859 juta

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut