get app
inews
Aa Read Next : Deddy Corbuzier Kena Tipu Lewat Pesan Singkat, Ini Modusnya

8 Artis Indonesia yang Miliki Nama Asli Jawa, Nomor Enam YouTuber Terkenal

Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:08 WIB
header img
Dian Sastrowardoyo, artis Indonesia yang pede menggunakan nama Jawa sebagai nama entertain. Foto : Instagram

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Banyak artis Indonesia yang memiliki nama asli Jawa. Beberapa dipakai sebagai nama di dunia entertain, tapi ada juga yang tidak digunakan. Bahkan, beberapa di antara artis merupakan keturunan dari darah biru atau bangsawan Jawa.

Ada artis yang tak banyak diketahui orang memiliki nama depan Raden, Raden Ajeng atau Raden Ajeng. Dalam filosofi Jawa, nama adalah sebuah doa yang berisi harapan kelak anak tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh orang tua yang melahirkannya.

 

Berikut 7 Artis yang memiliki nama Jawa.

 

1. Reisa Broto Asmoro

Reisa Broto Asmoro adalah seorang dokter, aktris, model dan pembawa acara asal Indonesia ini lahir pada 28 Desember 1985.

Dokter cantik ini ternyata memiliki nama asli yang sangat kental dengan nuansa Jawa yaitu Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Pada tahun 2010 silam, Reisa berkompetisi di kontes Puteri Indonesia yang mewakilkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kontes tersebut, ia meraih posisi juara kedua yang memberinya gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010.

 

2. Dian Sastro

Urutan pertama artis yang memiliki nama dengan nuansa Jawa yaitu Dian Sastro. Pemain film Ada Apa Dengan Cinta ini memiliki nama asli Diandra Paramitha Sastrowardoyo.

Dian Sastro merupakan cucu keponakan dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Nama Sastro memiliki arti dalam bahasa Jawa yaitu pengetahuan.

 

3. Dewi Yull

Aktris senior yang lahir pada 10 Mei 1961 ini memiliki nama dengan nuansa Jawa yang kental yaitu Raden Ayu Dewi Pudjiati. Dia populer karena karyanya yang serba bisa di berbagai film layar lebar dan serial televisi.

Salah satu peran yang turut melambungkan namanya adalah saat ia berperan sebagai Jeng Sri dalam serial Losmen (1986). Aktingnya yang mengesankan dalam drama Kembang Kertas (1984) dan Penyesalan Seumur Hidup (1986), membuatnya mendapatkan nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia. 

 

4. Ardina Rasti

Raden Ajeng Ardina Rasti Widiani atau yang lebih dikenal sebagai Ardina Rasti merupakan seorang model, pemeran dan penyanyi Indonesia yang memiliki nama kental dengan nuansa Jawa.

Dia memulai karirnya dari modeling dengan meraih juara kedua pada pemilihan GADIS Sampul tahun 1999. Hingga kini Ardina sudah membintangi 18 Film layar lebar dan juga masih aktif berakting untuk FTV serta menjadi Host untuk Reality Show Indonesia.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut