get app
inews
Aa Read Next : Daftar Ranking FIFA Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand, usai Piala Asia 2023

Edan! Mengaku Sebagai Dokter, Pria Ini Kumpulkan 919 Foto dan Video Organ Intim 35 Perempuan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 19:32 WIB
header img
Ilustrasi dokter. Foto: iNews.id

 

SINGAPURA,iNewsSemarang.id - Aksi nekat dilakukan oleh pria asal Malaysia. Ia menyamar sebagai dokter ginekolog, atau ahli di bidang reproduksi wanita. Pria bernama Ooi Chuen Wei (37 tahun) ini berhasil mengumpulkan lebih dari 900 video dan foto organ intim dari 35 perempuan.

Untuk memperlancar aksinya, dokter gadungan itu membuat profil palsu di media sosial. Tindakan konyol pria cabul ini membuatnya harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Ia Divonis 40 bulan penjara, pada Rabu (26/10/2022) oleh Pengadilan Singapura.

Dalam persidangan terungkap rencana licik Ooi dimulai pada 2016. Dia dengan sengaja membuat profil Facebook dengan nama palsu, dan menyamar sebagai dokter. Penyamarannnya itu berhasil mendapatkan kepercayaan dari para korban.

Untuk mengelabui para korbannya, dia menambahkan rekan pria dan wanita sebagai teman di Facebook. Ooi Chuen Wei juga membuat akun Instagram dan LinkedIn dengan detail profil serupa. Rupanya, tipu musihat pria cabul ini berhasil.

Dia kemudian menghubungi para korbannya dengan mengaku sebagai Dr Janice Lee Yan Hooi, seorang ginekolog dari Gleneagles Medical Centre.

Kapada para korbannya dia mengirim pesan template dalam bahasa Mandarin dan mengaku seorang ginekolog dan ingin berbagi rencana medis yang berkaitan dengan payudara dan vagina korban.

Setelah korban mulai tertarik dia kemudian meminta mereka mengisi survei pemantauan diri, dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan payudara dan vagina serta kehidupan seks korban.

Korban yang mulai percaya kemudian diinstruksikan untuk melakukan pijatan pada bagian pribadi mereka, lalu meminta gambar dan video organ intim sebelum dan sesudahnya. Terdakwa mengatakan itu untuk tujuan saran perawatan.

“Ada 35 korban percaya pada kebohongan rumit Ooi dan mengirimkan foto payudara dan vagina mereka kepadanya,” ujar jaksa.

 Ada total 919 foto dan video korban yang dikirim pada dokter gadungan itu.

Kasus ini terungkap saat salah satu korban menjadi curiga dan melakukan penelitian sendiri. Hasilnya membuat dia terkenjut, ternyata tidak ada ginekolog bernama Dr Janice di Gleneagles.

Perempuan cantik yang menjadi korban ini kemudian melaporkan hal itu ke polisi secara elektronik dari Malaysia ke Polisi Singapura pada 24 Juli 2021.

Polisi kemudian menindaklanjuti dan menggerebek rumah Ooi dan menyita perangkatnya. Dia mengakui semua pelanggarannya selama penyelidikan, dan menjelaskan modus operandinya secara rinci.

Wakil Jaksa Penuntut Umum R Arvindren menuntut minimal 44 bulan penjara. "Ada banyak korban dan kasus ini sudah berlangsung lama. Dia mengeksploitasi kepercayaan yang dimiliki para korban pada dokter, yang pada dasarnya adalah tipu muslihat telemedicine,” ujar dia.

Pengacara Ooi, Lee Terk Yang mengatakan Ooi adalah orang asing yang tinggal di apartemen sewaan di Singapura, tanpa keluarga bersamanya. Dia juga saat ini telah kehilangan pekerjaan dan teman-temannya. (mg arif) 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut