get app
inews
Aa Read Next : Tak Bisa Dianggap Enteng! Ini Daftar 10 Pemain Timnas Guinea U-23 di Eropa

Inspirasi Resep Macaroni Schotel Kukus Lezat dan Creamy

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:49 WIB
header img
Resep macaroni schotel yang enak. Foto: koh_aming

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Macaroni schotel merupakan hidangan yang berasal dari Eropa dengan ciri memiliki tekstur yang creamy dan lembutnya terasa di lidah. Lezatnya sajian ini memang sulit ditolak. 

Makaroni schotel terbuat dari pasta yang dipadukan dengan keju, susu, daging, sosis, bawang bombai, jamur dan terkadang kentang.

Ada beberapa resep macaroni schotel yang bisa dibuat kapan saja. Meski banyak orang menganggap memasak macaroni schotel susah, namun ternyata tidaklah sesusah itu. Sudah banyak resep macaroni schotel yang bisa ditiru. Dibuat menggunakan bahan yang gampang dicari dan alat-alat yang mudah didapat.

 

Berikut ini resep macaroni schotel kukus lezat dan creamy antigagal mudah ditiru yang berhasil dirangkum pada Minggu (30/10/2022).

 

Bahan Macaroni Schotel

 

200 gr makaroni, rebus hingga matang dan merekah

170 gr keju cheddar, parut

4 sosis asap, potong dadu

2 wortel, parut

1/2 butir bawang bombai

Merica bubuk

2 siung bawang putih, cincang halus

2 sdm margarin

150 ml susu cair

Garam (opsional)

Cetakan aluminium foil

 

Cara Memasak Macaroni Schotel:

1. Rebus makaroni hingga melunak. Tuang air ke dalam panci secukupnya, lalu masukkan makaroni ketika air sudah mendidih, dan jangan lupa aduk sesekali hingga tercampur rata. Diamkan beberapa menit hingga makaroni sudah lunak dan siap diangkat. Sambil menunggu makaroni melunak, tumis bawang putih, bombai, dan merica dengan margarin hingga harum dan layu. Tambahkan wortel parut, serta sosis asap, tumis kembali.

2. Masukkan makaroni yang sudah lunak dan susu cair. Masukkan setengah takaran makaroni ke dalam wajan berisi tumisan. Aduk sampai tercampur dan bumbunya merata. Tuang susu cair setengah dari takaran sedikit demi sedikit. Kalau teflon masih terasa lengket, tuang lagi dan aduk merata. Bumbui dengan garam dan lada, aduk kembali.

3. Masukkan adonan makaroni ke aluminium foil. Jika rasanya sudah sesuai selera, tambahkan lagi sisa makaroni dan susu cair ke dalam wajan. Aduk lagi hingga matang dan mengental, lalu matikan kompor. Siapkan cetakan aluminium foil, lalu taburi dengan mentega secara menyeluruh. Masukkan beberapa sendok adonan makaroni, taburi bagian atasnya dengan keju parut dan melted cheese.

4. Tutup dan masak makaroni sampai matang. Letakkan macaroni schotel di dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Berikan jarak dan tutup kukusan. Masak selama kurang lebih 20-30 menit saja. Apabila sudah dirasa matang, matikan kompor dan angkat. Biarkan dingin sebentar, lalu sajikan macaroni schotel teflon ini dengan saus sambal.

Sekarang Anda bisa buat resep macaroni schotel kukus, mudah, dan enak dengan kukusan. Rasanya creamy.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut