get app
inews
Aa Read Next : Wanita Ini Ubah Suara Dengkuran Kekasihnya Jadi Cuan, Begini Caranya

3 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan, Nomor 1 Bisa Tingkatkan Fungsi Kognitif

Minggu, 27 November 2022 | 15:53 WIB
header img
Manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tidur merupakan kegiatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Pola tidur yang cukup akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Apalagi, tidur juga mampu merilekskan tubuh dan pikiran, setelah beraktivitas. Namun, apakah tidur di siang hari bermanfaat? 

Sebagian besar ahli sepakat bahwa tubuh membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari, tergantung pada faktor pribadi dan genetik. 

Sehingga jika kurang tidur atau lelah dapat mengalami lebih banyak kemurungan, perilaku agresif, kelelahan, dan lebih banyak stres.

Berikut tiga manfaat tidur siang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022).

1. Peningkatan fungsi kognitif

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa tidur siang 1 jam, memiliki lebih banyak efek restoratif. Jika dibandingkan tidur siang 30 menit, termasuk peningkatan fungsi kognitif yang jauh lebih besar.

2. Tingkatan Daya Ingat

Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Seperti tidur siang, dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari sebanyak tidur malam penuh. 

"Tidur siang berfungsi untuk mencegah melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal juga," keterangan WebMD.

3. Mood booster

Salah manfaat dari tidur siang ialah bisa meningkatkan mood seseorang. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Sementara para ahli mengatakan relaksasi, berasal dari berbaring dan istirahat adalah penguat suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

Bahkan manfaat dari tidur siang, singkat seperti 10-15 menit juga bisa bermanfaat. Melansir WebMD bisa meminimalisir rasa grogi, sebaliknya. 

"Semakin lama tidur siang, semakin besar kemungkinan Anda memiliki perasaan itu. Semakin buruk, semakin banyak waktu yang Anda perlukan untuk bangun dan kembali bekerja," tulis keterangannya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut