get app
inews
Aa Read Next : Selamat Hari Pramuka 2024, Simak Sejarah Lengkapnya Berikut Ini

Peduli Gempa Cianjur, Puluhan Pramuka di Kendal Gelar Doa Bersama dan Galang Donasi

Senin, 28 November 2022 | 16:47 WIB
header img
Pramuka dari MA NU 05 Gemuh Kendal menggelar doa bersama dan melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu korban gempa Cianjur. Foto : ist

KENDAL,iNewsSemarang.id – Anggota Pramuka di Kendal ikut tergerak dalam membantu korban gempa Cianjur yang menewaskan 321 orang, ribuan luka luka dan puluhan ribu harus mengungsi. Sebanyak 32 penegak bantara MA NU 05 Gemuh, Kendal, melakukan aksi sosial penggalangan dana peduli gempa.

Aksi sosial dari para angota Pramuka tersebut diawali dengan melakukan apel dan doa bersama untuk para korban yang dilakukan di halaman madrasah. Selepas apel dan doa bersama, rombongan memulai aksi pengumpulan dana dari civitas akademika baik guru maupun siswa.

Setelah itu, para siswa berseragam coklat lengkap tersebut bergerak menuju pasar Galih. Para siswa berkeliling mendatangi para pedagang dan juga pengunjung pasar guna meminta sumbangan seiklasnya dari mereka.

Setelah dari pasar Galih mereka berkeliling di Desa Pamriyan, Sedayu, Gemuh Blanten serta Tamangede seraya mendatangi rumah-rumah warga sambil menyodorkan kotak sumbangan yang mereka bawa. Aksi ini terus berlanjut dan berakhir di Pasar Pegandon.

Pembina Pramuka MA NU 05 Gemuh Kendal Mastur Riza mengungkapkan, aksi tersebut merupakan wujud nyata dari salah satu dasa darma pramuka, yaitu rela menolong dan tabah. Hal ini juga bagian dari mendidik sikap kepedulian dari para anggota pramuka.

Sementara, Korlap Aksi, Asfi menambahkan, Pramuka Manuma (MA NU Lima) berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp. 6.458.000 serta beberapa pakaian dan perlengkapan ibadah kondisi baru. Sumbangan warga ini selanjutnya akan disalurkan kepada para korban gempa di Cianjur melalui NU Care Lazisnu Kendal.

“Semoga sumbangan ini dapat sedikit membantu meringankan para korban. Dan kita semua  harus menjadi yang terdepan dalam aksi-aksi sosial karena dasa darma tidak hanya dihafal tapi harus dipraktikkan, “pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut