Fantastis! Segini Bayaran Wasit untuk Setiap Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar

Rilo Pambudi
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 13:53 WIB
Wasit perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Deccan Herarld

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Beragam pertanyaan muncul di tengah riuhnya pesta sepak bola empat tahunan yang saat ini dihelat di Qatar. Salah satunya yaitu tentang nominal bayaran wasit untuk setiap pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar.

Di turnamen seperti Piala Dunia dan kejuaraan kontinental, wasit pastinya memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika seorang pengadil lapangan hijau ternyata memiliki bayaran yang sangat fantastis.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, ada sebanyak 36 wasit pertandingan, 69 asisten wasit, dan 24 video match official (VMO).

Official pengadil lapangan yang dipilih oleh FIFA tentunya adalah wasit-wasit terbaik di seluruh dunia. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, di laman resmi FIFA.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'mengutamakan kualitas' dan ofisial pertandingan terpilih mewakili level wasit tertinggi di seluruh dunia," kata Pierluigi Collina.

"Piala Dunia 2018 sangat sukses, sebagian karena standar wasit yang tinggi, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk menjadi lebih baik lagi dalam beberapa bulan di Qatar." imbuhnya.

Mengutip dari AS USA, FIFA sejatinya sudah mengatur bahwa setiap wasit pertandingan akan menerima gaji pokok sebesar 70.000 dollar AS (sekitar Rp 1,085 miliar) untuk keterlibatannya dalam Piala Dunia.

Aturan tersebut berlaku sejak Piala Dunia Rusia 2018.

Selain itu, FIFA juga menetapkan telah setiap asisten wasit akan diganjar bayaran sebesar 25.000 dollar AS (sekitar Rp387,693 juta) untuk partisipasinya di Piala Dunia.

Uang yang diterima oleh ofisial pertandingan Piala Dunia tersebut terbilang tiga kali lebih tinggi dibandingkan saat memimpin pertandingan Liga Champions Eropa.

Berikut adalah rincian bayaran wasit untuk setiap pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar yang dirangkum iNews.id, Kamis (1/12/2022).

1. Bayaran Wasit Utama

Wasit utama adalah sosok yang paling berpengaruh di lapangan, terutama yang bertanggung jawab atas jalannya pertandingan.

Karena memiliki tugas paling krusial, wasit utama memperoleh bayaran paling tinggi.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, wasit utama dibayar hingga 3.000 dollar AS (sekitar Rp46,524 juta) untuk setiap laga penyisihan grup.

Bayaran tersebut akan meningkat menjadi 10.000 dollar AS (sekitar Rp155,116 juta) untuk laga play-off.

Umumnya seorang wasit pertandingan akan mengawal rata-rata dua laga.

FIFA biasanya menambahkan biaya pertandingan yang mereka peroleh ke gaji utama di kontrak mereka.

Kesuksesan seorang wasit dalam memimpin semua pertandingan, termasuk final, disebut bisa mencapai 300.000 dollar AS (sekitar Rp 4,653 miliar) selama turnamen berlangsung.

2. Asisten wasit 

Dalam setiap pertandingan, wasit utama biasanya dibantu oleh dua asisten wasit yang bertugas setiap sisi lapangan.

Dua asisten wasit itu bertugas dalam meninjau offside serta pelanggaran di dekat mereka dan yang tidak terlihat oleh wasit pertandingan atau wasit utama.

Karena tugas yang dibebankan berbeda, bayaran yang mereka terima juga lebih kecil ketimbang wasit utama. Asisten wasit menerima 2.500 dollar AS (sekitar Rp38,774 juta) untuk setiap laga penyisihan grup.

Untuk babak play-off atau gugur, mereka mendapatkan 5.000 dollar AS (sekitar Rp77,523 juta).

Jika asisten wasit bekerja sangat baik, bayaran diterima bisa mencapai 150.000 dollar AS (sekitar Rp2,235 miliar) selama turnamen.

3. Wasit Keempat

Wasit keempat bertugas mengawal prosedur pergantian pemain dan memeriksa perlengkapan pemain atau pemain pengganti.

Wasit keempat juga bertugas mengawasi pergantian bola selama pertandingan dan pengaturan waktu tambahan.

Bayaran yang diterima wasit keempat sama dengan asisten wasit yakni 2.500 dollar AS untuk setiap pertandingan penyisihan grup dan 5.000 dollar AS untuk laga play-off hingga final.

Bayaran yang diterima mereka bisa mencapai 150.000 dollar AS (sekitar Rp2,235 miliar) selama turnamen.

4. VAR (Video Assistant Referee)

Penggunaan teknologi VAR (Video Assistant Referees) bisa disebut sebagai perubahan paling revolusioner dalam aturan sepak bola beberapa tahun terakhir. Negara tuan rumah Piala Dunia 2022, yakni Qatar, diketahui akan mendapatkan 3.000 dollar AS (sekitar Rp46,513 juta) dalam satu pertandingan sebagai apresiasi terhadap fasilitas VAR yang digunakan.

Hingga akhir turnamen, biaya apresiasi terhadap VAR akan meningkat hingga 5.000 dollar AS.

Sehingga, total bayaran ideal selama turnamen untuk VAR bisa mencapai 175.000 dollar AS (sekitar Rp2,713 miliar).

Itulah rincian bayaran wasit untuk setiap pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar. Fantastis!

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini