get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Minggu Pagi: Luncurkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Cuaca Cerah dan Berawan

PVMBG: Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 8 Km dari Puncak Semeru, Rawan Lontaran Batu

Minggu, 04 Desember 2022 | 21:18 WIB
header img
Gunung Semeru menunjukkan aktivitas vulkanologi. Foto : Twitter/Tangkapan Layar

JAKARTA,iNewsSemarang.id- Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan rekomendasi setelah menaikkan Gunung Api Semeru dari level III (Siaga) ke level IV yakni Awas pada Minggu (4/12/2022) pukul 12.00 WIB.

Setelah level dinaikkan, baik masyarakat, pengunjung, wisatawan/pendaki maupun pemerintah daerah setempat agar tetap memperhatikan rekomendasi dari PVMBG. Rekomendasi yang dikeluarkan di antaranya :

“Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 17 Km dari puncak (erupsi merapi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai ) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga 19 Km,” tulis PVMBG di laman Instagram.

“Tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap lontaran batu (pijar),” lebih lanjut.

Selan itu, mewaspadai potensi awan panas guguran (guguran) dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

“Masyarakat agar tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Api Semeru  dan mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus melakukan koordinasi dengan BNPB, K/L, Pemda dan instansi terkait lainnya,” pungkas PVMBG.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut