get app
inews
Aa Read Next : Gunung Ruang Kembali Meletus, Tinggi Abu Vulkanis Capai 5.000 Meter

Siaga! Gunung Semeru Sudah Erupsi Sebanyak 28 Kali Sejak Selasa Dini Hari

Selasa, 10 Januari 2023 | 13:14 WIB
header img
Gunung Semeru. (Pos PGA Gunung Semeru)

LUMAJANG, iNewsSemarang.id - Aktivitas gunung Semeru hingga saat ini masih fluktuatif. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini tercatat telah erupsi 28 kali sepanjang Selasa dini hari hingga pagi (10/1/2023). Kendati demikian, aktifitas vulkaniknya masih berada di level III atau siaga.

Petugas pos pengamatan api (PGA) Semeru Yadi Yuliandi menuturkan, sepanjang Selasa dini hari hingga pagi ini, Gunung Semeru telah 28 kali mengalami gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 12-24 mm, dan lama gempa 52-145 detik.

"Tiga kali gempa guguran dengan amplitudo 3-7 mm dan lama gempa 30-65 detik," ucap Yadi Yuliandi, melalui keterangan tertulisnya, pada Selasa (10/1/2023).

Yadi menambahkan, Gunung Semeru tercatat mengeluarkan dua kali hembusan dengan amplitudo 2 - 8 mm, dan lama gempa 37 - 60 detik. Pos PGA juga mencatat sebanyak satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 30 mm, S-P tidak teramati dan lama gempa 927 detik.

"Statusnya masih level III atau siaga," ucapnya.

Pihaknya meminta masyarakat tidak beraktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak atau pusat erupsi Gunung Semeru. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan.

Ia meminta tidak ada aktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

"Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut