get app
inews
Aa Read Next : Wasit Babak Final Piala Dunia 2022 Akui Salah Buat Keputusan, Argentina Diuntungkan

Dramatis, Brasil Tersingkir di Piala Dunia Usai Kalah Adu Penalti 2-4 dari Kroasia

Sabtu, 10 Desember 2022 | 05:52 WIB
header img
Gelandang Kroasia Luka Modric menyalami pemain Brasil Casemiro dalam pertandingan perempat final pada Sabtu (10/12/2022) dini hari. Foto : REUTERS

AR RAYYAN, iNewsSemarang.id – Perjalanan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 hanya sampai babak perempat final. Dalam pertandingan babak 8 besar Sabtu (10/12/2022) dini hari, Tim Samba digulung Kroasia 2-4 lewat drama adu penalti yang menegangkan.

Pertandingan di Education City Stadium, Ar Rayyan, Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB berjalan sangat seru. Kedua tim sama-sama kesulitan membobol gawang lawan, sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Di babak tambahan waktu, Brasil mencetak gol di menit ke-105+1, setelah mendapat assist dari Lucas Paqueta, Namun Kroasia membalasnya 10 menit kemudian lewat Bruno Petkovic. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan adu penalti karena babak tambahan masih sama kuat 1-1..

Jalannya pertandingan 

Sejak awal laga, baik Brasil maupun Timnas Kroasia masih berusaha untuk mengembangkan permainannya. Kedua tim belum terlalu nyaman dalam menguasai bola. Kendati begitu, baik Tim Samba maupun Vatreni sesekali melancarkan serangannya meski masih bisa dipatahkan barisan pertahanan masing-masing lawan.

Brasil sempat memberikan ancaman serius melalui aksi Vinicius Junior cs yang melakukan serangan cepat. Akan tetapi, gebrakan pasukan Tite itu masih terlalu mudah untuk dihalau oleh Dejan Lovren dan kolega hingga menit ke-15.

Merespons tekanan dari Brasil, Kroasia pun langsung mengandalkan serangan balik. Namun, upaya Ivan Perisic cs masih belum bisa membongkar kokohnya lini pertahanan Selecao yang diperkuat oleh Thiago Silva dan kawannya.

Tepat di menit ke-20, Neymar Jr berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang Dominik Livakovic. Sayangnya, bola terlalu lemah meski sudah tepat sasaran. Setelah itu, Brasil kembali membangun serangan.

Sementara itu, Kroasia cenderung mengandalkan serangan balik lantaran Brasil terus menguasai bola. Tepatnya di menit ke-30, Vatreni mencoba peruntungannya lewat sepakan Ivan Perisic dari luar kotak penalti. Sialnya, bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Setelah itu, kedua tim bermain tidak terlalu lepas dan masih sering memberikan operan yang salah. Kemudian, Neymar memiliki kesempatan di menit ke-42 untuk bisa membuka keran gol Brasil lewat tendangan bebas. Sialnya, sepakan keras bintang PSG itu masih bisa diamankan oleh Dominik Livakovic. Kemudian, tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai dengan skor 0-0.

Brasil langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai. Di menit ke-47 Neymar Jr mempunyai peluang emas di dalam kotak penalti. Namun, sepakannya masih bisa diblok. Sekilas, bola mengenai tangan dari salah satu bek Kroasia. Akan tetapi, wasit tidak menganggap itu sebagai handball.

Neymar kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-55. Bintang PSG itu melakukan sontekan kaki kiri tepat sasaran usai mendapat umpan matang di dalam kotak penalti. Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh kaki kiper Kroasia. Tim Samba pun kembali gagal untuk merubah papan skor.

Di menit 66, sebuah drive yang luar biasa dari Lucas Paqueta (Brasil) dari dalam kotak hampir membuka keran golnya. Akan tapi, Dominik Livakovic melakukan penyelamatan brilian sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut