get app
inews
Aa Read Next : 5 Danau Eksotis di Indonesia Suka Berubah Warna, Nomor 3 di Dataran Tinggi Dieng

Ikan Mas Raksasa Seberat 30 Kg Berhasil Diangkat Pemancing dari Danau, Butuh Waktu 25 Menit

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:44 WIB
header img
Ikan mas raksasa yang berhasil diangkat dari danau di Prancis oleh pemancing bernama Andy Haccket. Foto : Bluewatter Lakes/Live Science

PARIS,iNewsSemarang.id – Baru-baru ini seekor ikan mas raksasa yang memiliki berat 67 pon atau sekitar 30 kg, berhasil diangkat oleh seorang pemancing asal Inggris. Ikan itu berhasil di angkat dari salah satu danau di Prancis, setelah harus berjuang selama 25 menit.  

Ikan mas yang dijuluki The Carrot itu dinaikkan pemancing dari Bluewater Lakes di provinsi Champagne timur laut Prancis. Setelah perjuangan sulitnya mengangkat ika dari danau, sang pemancing, Andy Hackett melepaskan ikan itu kembali ke danau. Harapannya untuk memberi kesempatan pemancing lain.

 “Ini ikan yang banyak dicari, tidak banyak orang yang menangkapnya, cukup sulit ditangkap. The Carrot berwarna jingga cerah, Anda tidak akan melewatkannya,” kata Hackett kepada BBC.

Ikan mas ini merupakan hibrida antara ikan mas kulit dan koi, dilepaskan ke danau 20 tahun yang lalu, setelah itu ukurannya membengkak. Menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditangkap.

Jika dipelihara di akuarium rumahan, ikan mas (Carassius auratus) dan ikan mas yang lebih kecil cenderung tumbuh tidak lebih dari 5 sentimeter. Namun saat dilepaskan ke alam liar, ikan yang sangat kecil itu bisa tumbuh menjadi raksasa.

Pada tahun 2013, satu ikan mas super besar yang ditangkap di Danau Tahoe berukuran panjang hampir 46 cm dan beratnya lebih dari 4 pon atau 2 kg. Ikan mas akan kuat di alam liar, terbukti mampu hidup 25 tahun dan bertahan hingga lima bulan tanpa oksigen.

 Ini karena ikan berevolusi untuk hidup di kolam yang membeku di musim dingin, yang rendah oksigen, tubuh mereka beralih dari respirasi aerobik menjadi mengubah karbohidrat menjadi alkohol, yang dilepaskan melalui insang.

Ketika ciri-ciri ini digabungkan dengan tingkat reproduksi yang cepat, ikan mas dengan cepat dapat mendominasi habitat baru dengan mengorbankan spesies asli.

Kegigihan ikan mas telah menimbulkan masalah di danau di mana banyak ikan, yang sering dibuang oleh orang yang pernah memeliharanya, dilepaskan sekaligus.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut