get app
inews
Aa Read Next : Wanita Ini Ubah Suara Dengkuran Kekasihnya Jadi Cuan, Begini Caranya

4 Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 19 Desember 2022 | 07:23 WIB
header img
Cara memutihkan gigi kuning secara alami. (Foto: dhamaison)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Semua orang pasti ingin memiliki gigi yang putih. Selain karena menunjukkan seseorang dalam kondisi sehat dan bersih, gigi putih juga kerap mendukung rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak orang merasa minder karena memiliki warna gigi yang kuning disebabkan berbagai hal. Lantas adakah cara memutihkan gigi kuning secara alami?

Perlu diketahui, perubahan warna gigi mungkin tidak terlihat dengan jelas dan terjadi secara bertahap. Jadi warna kuning pada gigi mungkin tidak terelakan, terlebih dengan usia yang terus bertambah. Hal ini terjadi saat enamel luar yang menipis, sehingga lapisan keduanya menjadi terlihat lebih jelas.

Lantas, bagaimana cara memutihkan gigi kuning secara alami? Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Senin (19/12/2022):

1. Sikat gigi pakai soda kue

Cara memutihkan gigi kuning bisa menggunakan bubuk soda kue yang dicampur air dengan perbandingan 2:1 hingga membentuk pasta. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Namun karena sifatnya yang abrasive, sebaiknya tidak digunakan secara rutin.

2. Arang

Sejak dahulu, arang dipercaya bisa menghilangkan noda pada gigi. Sehingga cara menyikat gigi dengan arang memang sudah terbukti ampuh untuk memutihkan gigi. Arang dapat menghilangkan pigmen dan noda dari gigi karena daya serapnya yang tinggi. Bahkan arang juga mampu menyingkirkan bakteri dan racun di dalam mulut.

Ada dua cara untuk metode ini. Pertama, gunakan pasta gigi yang mengandung arang aktif yang dipercaya mampu memutihkan gigi. Kedua, Anda bisa membeli arang aktif untuk memutihkan gigi dengan menyikatkan langsung pada gigi. Namun, bagi Anda yang memiliki gigi yang sensitif atau tidak ingin mengalami abrasif akibat penggunaan arang, cobalah untuk mengoleskannya saja pada gigi. Setelah itu, biarkan selama 2 menit dan bersihkan dari gigi.

3. Cuka sari apel

Cara memutihkan gigi kuning adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Penelitian pada 2014 telah membuktikan jika cuka apel memiliki efek pemutihan yang baik pada gigi sapi.

Berikut cara penggunaannya:

Buat obat kumur dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 170 gram air. Kumur larutan tersebut selama 30 detik dan bilas dengan air serta sikat gigi setelahnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan jika cara ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada kekerasan dan struktur permukaan gigi. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakannya hanya dalam waktu yang singkat.

4. Perawatan gigi dengan baik

Cara memutihkan gigi kuning membandel dengan pencegahan dan perawatan yang konsisten. Disarankan untuk menerapkan kebiasaan membersihkan mulut dan gigi yang teratur. Sikat gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Ingatlah untuk tidak menyikat gigi segera setelah makan. Sebaiknya, tunggu kira-kira 30 menit sebelum menyikat gigi untuk mencegah asam dari makanan malah merusak gigi.

Itulah cara memutihkan gigi kuning yang aman dan bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut