get app
inews
Aa Read Next : DPP PDIP: Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Kader Partai

Lantik Panglima TNI Yudo Margono, Presiden Jokowi: Humanis itu Baik, tapi TNI Harus Tegas di Papua

Senin, 19 Desember 2022 | 14:49 WIB
header img
Presiden Joko Widodo saat melantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI di Istana Negara. Foto : ist

 

JAKARTA, iNewsSemarang.idLaksamana Yudo Margono resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Laksamana dilantik menggantikan Jenderal Andika Perkasa, yang sudah memasuki masa pensiun.  

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pendekatan humanis yang akan diterapkan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Papua. Menurutnya, sifat humanis yang akan diterapkan TNI itu pendekatan yang baik.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai pelantikan Laksamana Yudo sebagai Panglima TNI.

"Saya kira baik, pendekatan humanis baik, pengurangan prajurit TNI di Papua itu baik," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Namun, Jokowi meminta agar pendekatan humanis itu juga diikuti dengan ketegasan sehingga ketertiban di Papua bisa dijaga.

"Tetapi memang harus tegas. Kalau kita nggak tegas, di sana KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) selalu berbuat seperti itu, ya nggak akan selesai-selesai masalahnya," ujar Jokowi.

Laksamana Yudo Margono sebelumnya menyatakan akan menerapkan pendekatan tegas tetapi tetap humanis dalam menangani konflik di Papua. Hal itu disampaikan Yudo usai disetujui DPR menjadi Panglima TNI.

"Saya sampaikan bahwa walaupun TNI tegas, tetapi tetap harus humanis," kata Yudo di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut