get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Gandeng KPK Cegah Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Wapres Ma’ruf Amin Dukung KPK Gunakan Strategi Trisula Tangani Korupsi

Rabu, 21 Desember 2022 | 15:52 WIB
header img
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Foto ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut angkat bicara terkait kritik kepada KPK karena banyak melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Karena seharusnya yang diupayakan adalah langkah pecegahan melalui sistem digitalisasi untuk menutup celah korupsi.

Wapres menegaskan bahwa OTT adalah salah satu upaya pemberantasan korupsi. Karena dengan sendirinya OTT akan berkurang apabila langkah pencegahan dan pendidikan antikorupsi berjalan baik.

 “Jadi kalau pencegahan dan pendidikan ini sudah berhasil mungkin penindakan itu bisa tidak ada,” tegas Wapres di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Menurut Wapres, KPK telah merumuskan upaya pemberantasan korupsi di tanah air secara komprehensif menggunakan strategi Trisula Pemberantasan Korupsi, yakni pendidikan, pencegahan, dan penindakan.

 “Tapi kalau ini masih belum berhasil, pendidikan dan pencegahan, mungkin akibatnya ada dalam penindakan,” ujarnya.

Untuk itu, dia pun mengharapkan agar upaya pencegahan korupsi, khususnya melalui pendidikan antikorupsi terus digencarkan, sehingga ke depan tidak perlu banyak penindakan.

“Barangkali itu saya kira, tapi secara menyeluruh memang yang dilakukan di dunia, di manapun, termasuk KPK itu menggunakan pendekatan Trisula ini, yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan,” pungkasnya. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut