get app
inews
Aa Read Next : Senin Pagi, Gempa M 6,1 Guncang Seram Maluku Akibat Aktivitas Sesar Naik

Gempa Terkini M3,8 Guncang Kuningan, Getaran Terasa hingga Majalengka

Kamis, 22 Desember 2022 | 07:49 WIB
header img
Ilustrasi gempa. Foto: BMKG

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Gempa terkini berkekuatan Magnitudo (M) 3,8 mengguncang daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Kamis (22/12/2022) sekira pukul 04.18 WIB. Getarannya terasa cukup kuat hingga sampai Majalengka.

"Episenter terletak pada koordinat 6.99 LS dan 108.48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km BaratDaya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada kedalaman 5 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan resminya, Kamis (22/12/2022).

Sejumlah daerah di Jawa Barat dilaporkan turut merasakan guncangan gempa tersebut. BMKG mendapat laporan dari masyarakat, guncangan gempa terasa cukup kuat di Kuningan hingga ke daerah Cirebon dan Majalengka.

"Di Cirebon, Majalengka dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," ujar Daryono.

Ia menjelaskan, gempa yang terjadi di Kuningan tersebut merupakan jenis gempabumi kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif. Hal itu terlihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tuturnya.

Ia melanjutkan, dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 05.00 WIB, belum terlihat adanya aktivitas gempa bumi susulan. Namun, warga di daerah Kuningan diminta tetap waspada.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut