Logo Network
Network

Jordi Amat Ternyata Cicit Raja Siau Sulawesi Utara, Ini Silsilah Keluarganya

Subhan Sabu
.
Kamis, 29 Desember 2022 | 12:42 WIB
Jordi Amat Ternyata Cicit Raja Siau Sulawesi Utara, Ini Silsilah Keluarganya
Dokumentasi pribadi Pangeran Raja Siau John FE Suoth Kansil (dua dari kanan) dan Jordi Amat. Foto : IST

MANADO, iNewsSemarang.id - Jordi Amat memiliki latar belakang bangsawan.Pemain naturalisasi itu ternyata memiliki darah keturunan Raja Siau di Sulawes Utara. Bek Timnas Indonesia ini memiliki garis keturunan dua Raja Siau, Jacob Ponto (1850-1889) dan Manalang Doelag Kansil (1895-1908).

Manalang Doelag Kansil (MD Kansil) merupakan Raja Kerajaan Siau, Sulawesi Utara, yang memerintah tahun 1895-1908. MD Kansil memiliki lima orang istri. Istri pertama bernama Rachel Doali, kedua Abigael Ponto, ketiga Agustina Ponto, keempat Kadio dan kelima Bembeng. Dari Agustina Ponto jni terungkap bahwa silsilah Jordi Amat dari keturunan Raja.

Dari pernikahan dengan istri ketiga, Agustina Ponto, melahirkan anak bernama Francine Kansil. Francine atau Sien Kansil kemudian menikah dengan Villanueva, pria berkebangsaan Spanyol-Fillipina. Keduanya bertemu di Makassar karena pada saat itu Francine Kansil sedang menjalani pendidikan di Makassar.

"Dulu ada sekolah raja di makassar setingkat SMP/SMA," ujar Ketua Umum Dewan Kerajaan Kesultanan Adat Nusantara (Dekkan), HRH Pangeran John FE Suoth Kansil kepada MNC Portal Indonesia.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini