get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengaplikasikan iCloud Photos di Perangkat Non-Apple

Sosok Inspiratif Dibalik Berdirinya Perusahaan Apple yang Produknya Mendunia

Kamis, 05 Januari 2023 | 12:09 WIB
header img
Sosok Inspiratif Dibalik Berdirinya Perusahaan Raksasa Teknologi Apple. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Siapa yang tak kenal dengan perusahaan raksasa Apple? Perusahaan yang telah merilis berbagai inovasi ini memulai debutnya sejak 45 tahun lalu tepatnya pada 1 April 1976. Sebagian orang hanya mengetahui jika Apple didirikan oleh Steve Jobs, padahal ada dua sosok inspiratif dibalik berdirinya perusahaan teknologi itu. Mereka adalah Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

Pada 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne, mereka mendirikan perusahaan Apple yang diberi nama Apple Computer co, dengan pendanaan dari manajer pemasaran produk dan teknisi semi-pensiun Intel A.C. Mike Markkula Jr.

Steve Wozniak merupakan seorang hacker elektronik yang pada tahun 1975 bekerja di perusahaan teknologi besar bernama Hewlett-Packart (HP). Wozniak membantu seorang temannya bernama Steve Jobs mendesain video game untuk konsol gaming bernama Atari.

Sebelum mendirikan Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak telah bersahabat lama. Jobs berusaha membuat Wozniak tertarik untuk merakit komputer dan menjualnya. 

Komputer pertama yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Disusul pada tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II. 

Setelah merilis Apple II, Steve Jobs menjadi tokoh sukses bahkan bernilai lebih dari 1 juta dolar AS pada tahun 1978. Nilainya bertambah menjadi 250 juta dolar AS saat ia berusia 25 tahun, menjadikannya tokoh muda paling sukses di daftar Forbes.

Produk sukses lainnya adalah Macintosh yang dibuat pada 1981. Namun, pada tahun 1985, Jobs dipecat dari perusahaan yang ia bangun. 

Hingga pada akhirnya Jobs kembali lagi pada tahun 1997 untuk membantu berdirinya Apple dari kehancuran. Setelah kembali, munculah produk lain seperti MacOS X, iMac, iPod, hingga iPhone yang sangat fenomenal sampai sekarang.

Mengutip dari buku Steve Jobs: The Exclusive Biography, Walter Isaacson, 2011, pada Agustus 2011 Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple meskipun tetap menjabat sebagai ketua dewan perusahaan. Tak lama kemudian, kesehatan Jobs diberitakan semakin mengalami penurunan. 

Steve Jobs melakukan cuti medis sejak Januari 2011 hingga akhirnya meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 di California pada usia 56 tahun dengan diagnosis kanker pankreas. Pemakaman Steve Jobs diadakan secara tertutup pada 7 Oktober 2011.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut