get app
inews
Aa Read Next : Genbi UIN Walisongo 2022 Gelar Seminar Proposal untuk Penuhi KKN Mandiri Pengakuan

Siap Mengabdi, 204 Mahasiswa KKN MIT Ke-15 Resmi Diterjunkan di Kecamatan Patebon Kendal

Rabu, 11 Januari 2023 | 17:06 WIB
header img
Upacara serah terima Mahasiswa KKN MIT ke-15 UIN Walisongo Semarang di halaman Kantor Kecamatan Patebon, Rabu (11/1/2023). Foto: Ist

KENDAL, iNewsSemarang.id - Pemerintah Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal menggelar upacara serah terima Mahasiswa KKN MIT ke-15 UIN Walisongo Semarang pada hari ini, Rabu (11/1/2023). Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Patebon ini diikuti oleh 204 mahasiswa.

Penyerahan Mahasiswa KKN dilakukan oleh Kepala Pusat Pengabdian LP2M UIN Walisongo Dr.M.Rikza Chamami,M.S.I. dan dilanjutkan penerimaan mahasiswa KKN oleh Camat Patebon Abdul Mufid, S.H., M.M., Kepala Kepolisian Sektor Patebon Akp.Miyardi, S.H. dan Komandan Rayon Militer Patebon Kapten Sardi. 

Sebanyak 204 Mahasiswa KKN diterjunkan di 16 posko yang tersebar di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Untuk menjalankan KKN dengan Tema"Penguatan Sumber Daya Masyarakat Masyarakat, Kembali pulih cepat dan bangkit lebih kuat". Program Utama dalam KKN MIT-15 berfokus pada pemberdayaan dan pendampingan masyarakat dibidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, ekonomi kreatif, kesetaraan gender, moderasi beragama serta cinta lingkungan. 

Camat Patebon Abdul Mufid, S.H., M.M. dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar mahasiswa KKN UIN Walisongo dapat mengaplikasikan pengabdian terutama edukasi tentang stunting di masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya KKN mahasiswa bisa mengaplikasikan pengabdian dalam kehidupan. Pengabdian dengan memberikan edukasi dibidang kesehatan masyarakat dan stunting. Bersama dengan pemerintahan bisa menurunkan angka stunting di Kecamatan Patebon, selain itu melakukan edukasi ke masyarakat dan mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan di Universitas agar bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Selain stunting, mahasiswa juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Kecamatan Patebon dengan melakukan pendampingan dan pengembangan UMKM.

"Kami juga berharap Mahasiswa melakukan pendampingan dan pengembangan terhadap UMKM yang ada di Kecamatan Patebon sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat," imbuhnya. 

Kepala Kepolisian Sektor Patebon Akp.Miyardi, S.H berharap agar mahasiswa segera bersinergi dengan masyarakat sehingga apa yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

"Kecamatan Patebon terdiri dari wilayah agraris dan nelayan, Luas dari pantai sampai dataran selatan. Mahasiswa semoga bisa segera beradaptasi dengan masyarakat dan bersinergi serta berkolaborasi sehingga apa yang akan dilaksanakan bisa terlaksana dengan baik. KKN selama 45 hari harapannya ada outcome yang baik dan bisa diterima dan menjadi bekal dikemudian hari. Salah satu Program KKN yang kami harapkan adalah pembinaan akhlak dikalangan pelajar semoga bisa berjalan dengan baik”, ujarnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut