get app
inews
Aa Read Next : Sejak 2017, Dokter Hayyi Tiap Awal Bulan Buka Pengobatan Gratis Bagi Lansia

Waspada! Lansia Rentan Terserang Malnutrisi, Begini Cara Mengatasinya

Senin, 16 Januari 2023 | 10:32 WIB
header img
Ilustrasi lansia lebih mudah terkena malnutrisi. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Untuk menjaga kesehatan tubuh, setiap orang disarankan untuk melakukan pola hidup yang sehat serta memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Terutama untuk para lansia, mereka harus memilah dan memilih kandungan gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh karena tubuhnya lebih rentan terkena malnutrisi.

Para peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan PT Ajinomoto Indonesia untuk melakukan penelitian yang bernama Elderly Project. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa selera makan lansia akan menurun dan cenderung lebih mudah untuk terserang malnutrisi.

Kondisi malnutrisi memiliki efek buruk pada lansia seperti gangguan otot dan keletihan. Untuk itu malnutrisi pada lansia sebisa mungkin harus dihindari.

Dosen Departemen Gizi FK-KMK UGM yang sekaligus Kepala Penelitian Elderly Project, Dr. Toto Sudargo, M.Kes menyebutkan bahwa faktor usia merupakan penyebab hormon-hormon pengatur selera makan pada lansia cenderung menurun.

Untuk mencegah terjadinya malnutrisi pada lansia, Dr. Toto juga mengatakan bajwa tubuh para lansia membutuhkan asam amino glutamat yang salah satunya terkandung para MSG.

Kandungan tersebut sangat berpengaruh untuk meningkatkan nafsu makan. Lansia juga disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi protein, vitamin, lemak dan mineral. Jangan lupa juga untuk menjaga kadar garam, gula beserta lemak jenuh dalam makanan. (Mg/Fahita)

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut