get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4 Guncang Cianjur, Warga: Getarannya Lumayan Kencang

Gempa M3,6 Guncang Purwakarta, Getarannya Terasa hingga Cianjur

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:23 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi (iNews.id)

BANDUNG, iNewsSemarang.id - Bencana alam gempa bumi masih terus membayangi sejumlah daerah di Indonesia. Terkini, gempa berkekuatan magnitudo 3,6 mengguncang Kabupaten Purwakarta pada pukul 11:58:36 WIB, Minggu (22/1/2023). Getaran gempa tersebut terasa hingga daerah Cianjur.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter terletak pada koordinat 6.73 LS dan 107.34 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat Daya Kabupaten Purwakarta pada kedalaman 7 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas Sesar Cirata," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Purwakarta dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Cikalongwetan, Cianjur, Karangtengah, Ciranjang, Darangdan, Cirata dengan Skala Intensitas II - III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelas dia.

Hingga pukul 12:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan aktivitas gempabumi susulan sebanyak 2 (dua) kali.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut