get app
inews
Aa Read Next : Specta Jateng Pingpong 2024: Diramaikan 1.144 Atlet Tenis Meja Nasional dan ASEAN

Kanwil Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah WNA Tiongkok yang Beralih Status jadi WNI

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:11 WIB
header img
He Xing (berpeci) saat diambil Sumpah Janji Setia Kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham Jateng, Rabu (25/1/2023). Foto: Dok Kanwil Kemenkumham Jateng

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah mengambil Sumpah Janji Setia Kewarganegaraan terhadap He Xing, Rabu (25/1/2023). Dia sebelumnya berkewarganegaraan Tiongkok beralih status menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).  

“Untuk He Xing, Anda sekarang sudah menjadi WNI, itu berarti Anda tidak lagi patuh pada kewarganegaraan sebelumnya melainkan patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A. Yuspahruddin pada keterangannya, Rabu malam. 

Yuspahruddin menambahkan, He Xing sebelumnya mengajukan permohonan untuk beralih status kewarganegaraan ke pihaknya. Setelah melewati beberapa prosedur dan pertimbangan, permohonannya dikabulkan.  

"Jadilah warga negara yang baik, patuh hukum dan menjauhi perbuatan tercela," sambung Yuspahruddin.

Selain itu, Kakanwil juga mengingatkan agar He Xing dapat segera menyesuaikan diri dengan kearifan lokal, adat dan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, peraturan dan adat-istiadat yang berlaku di Indonesia juga dipatuhi. 

“Segera beradaptasi dengan sebaik-baiknya,” lanjut Yuspahruddin.  

Prosesi pengambilan sumpah itu dilakukan di Aula Kresna Basudewa Komplek Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Kota Semarang. Di saat yang sama, Kakanwil juga mengambil Sumpah atau Janji Jabatan terhadap 20 orang Pejabat Struktural Keimigrasian, 5 orang Pejabat Fungsional Analis Keimigrasian, 47 orang Notaris Baru, 8 orang Majelis Pengawas Daerah, 2 Orang PPNS, 3 orang Notaris Pindah, dan 2 orang Notaris Pengganti.

Menyaksikan acara tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Divisi Keimigrasian, Wishnu Daru Fajar, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, dan Kakanim Kelas I Semarang. (eka setiawan).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut