get app
inews
Aa Read Next : Tips Memilih Sepatu yang Tepat Menurut Patris Official Shoes Indonesia

Empat Manfaat Kecap Bagi Kesehatan, Kaya Mineral dan Antioksidan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:06 WIB
header img
Kecap memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: medium.com

Semarang, iNewsSemarang.id- Seorang pria menjadi viral karena selamat pasca terdampar di laut selama 24 hari. Padahal, dia hanya mengonsumsi sebotol kecap untuk bertahan hidup.

Merujuk pada pemberitaan tersebut, kecap sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia ratusan tahun silam pada abad ke -16. Mulanya kecap adalah bumbu masakan warga Tionghoa dan diperkenalkan oleh mereka saat mendatangi Indonesia.

Di balik cita rasa lezat dan gurih, ternyata kecap memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Terbuat dari kedelai, kecap adalah bumbu masak yang kaya protein dan mineral.Mengutip dari Okezone.com, berikut ini rangkuman pembahasan manfaat kecap, yang dihimpun dari situs Holland and Barret, Jumat (27/1/2023), jika kamu gemar mengonsumsi kecap :

1. Mendukung pencernaan yang sehat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saluran lambung akan memproses makanan dengan lebih baik jika mengonsumsi kecap.

2. Pengurangan asupan natrium secara keseluruhan

Kecap bisa dijadikan alternatif penggunaan gula atau garam, yang membantu mengurangi kadar natrium dan glukosa total sehingga meminimalisir resiko kesehatan yang dipicu oleh konsumsi gula dan garam yang berlebihan, seperti diabetes dan gangguan ginjal.

3. Anti alergi

Kandungan di dalam kecap mampu meminialisir reaksi alergi, termasuk peradangan dan syok anafilaksis. Mengutip dari portal alodokter, syok anafilaksis adalah syok yang dipicu oleh reaksi alergi yang berat, reaksi ini menyebabkan penurunan tekanan darah secara drastis dan penyempitan saluran pernafasan. Kondisi ini mengancam jiwa,bila tidak segera ditangani

 4. Kaya Antioksidan

Para ahli telah sepakat jika kecap kaya akan zat antioksidan yang identik membawa banyak manfaat kesehatan. Mengutip dari portal Kementrian Kesehatan, antioksidan adalah zat alami yang mampu mencegah menunda kerusakan pada sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. Oksidan adalah radikal bebas yang tersebar di lingkungan, namun diproduksi juga secara alami dalam tubuh.

(Mg/Shinta).

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut