get app
inews
Aa Read Next : Buron 4 Bulan, Dito Mahendra Akhirnya Dibekuk Bareskrim

Awas Modus Baru Bobol Rekening Bank Lewat Pesan Undangan Pernikahan Palsu

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:12 WIB
header img
Waspada Modus Kejahatan Perbankan (Foto: okezone.com/Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Tindak pidana yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab semakin hari semakin bermacam modus operasinya. Baru-baru ini viral sebuah kasus pembobolan rekening dengan modus link undangan pernikahan.

Modus pembobolan rekening dengan mengirim link undangan pernikahan ini dibagikan melalui aplikasi pesan Whatsapp. Apabila link undangan tersebut ditekan atau dibuka, maka pelaku bisa langsung mengakses mobile banking (m-banking) milik nasabah.

Cerita ini sendiri dibagikan oleh salah seorang nasabah yang sudah menjadi korban pembobolan rekening. Nasabah tersebut mengatakan jika ia mendapat pesan dari orang yang tidak dikenal berupa link undangan pernikahan palsu dan menekan link tersebut dan seketika tabungan miliknya menghilang.

“Kalau ada yang mengirim undangan ke nomor Whatsapp yang tidak dikenal suruh klik link jangan diklik ya saya korban uang di tabungan lumayan,” kata informasi yang beredar di Whatsapp, Jumat (27/1/2023).

Dalam pesan yang dibagikan itu, terlihat bahwa pelaku mengirim undangan pernikahan yang tampak seperti undangan pada umumnya. Di bawah pesan undangan, pelaku mencantumkan link yang ternyata mengarahkan penerima pesan untuk mengunggah sebuah aplikasi.

Jika aplikasi diunduh, maka pelaku bisa mencuri data pribadi dan berbagai informasi yang akan masuk melalui SMS. Hal ini juga termasuk data perbankan seperti One Time Password (OTP) dan data lainnya dapat diambil oleh pelaku yang menipu. (Mg/Gojali)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut