get app
inews
Aa Read Next : Demo May Day di Semarang Ricuh, Buruh dan Mahasiswa Bentrok dengan Polisi

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Prodi Sastra, Linguistik dan Pendidikan Bahasa

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:48 WIB
header img
Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Prodi Sastra, Linguistik dan Pendidikan Bahasa. Foto: analisaaceh.com

Semarang, iNewsSemarang.id- Selain memilih kampus, kamu juga perlu mempertimbangkan Program studi (Prodi) yang hendak diambil jika ingin berkuliah. Hal ini penting agar kamu tak salah jurusan dan semangat untuk menjalaninya.

Bagi para pecinta bahasa, setidaknya ada tiga prodi yang bisa dipilih yakni Sastra, Linguistik, dan Pendidikan Bahasa.

Karena ketiganya masih berhubungan dengan ilmu bahasa, tak heran bila masyarakat sering menyamakan prodi satu dengan yang lainnya.

Tidak usah bingung, mengutip dari akun Instagram Balai Pengelolaan Pengujian dan Pendidikan (BPP) Kemendikbudristek, berikut ini  ulasan selengkapnya

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Prodi Sastra, Linguistik dan Pendidikan Bahasa

1.  Sastra

Jika tertarik atau hobi menulis novel, cerpen,dsb., kamu bisa mengambil jurusan Sastra. Sastra adalah satu rumpun ilmu yang mempelajari seni bahasa secara mendalam. Tak jarang orang menyebutnya dengan istilah “Seni Bahasa”, kamu akan diajari komponen seni dari suatu bahasa. Termasuk beragam produk karya seni mulai dari cerpen, puisi, lagu, film semuanya berhubungan dengan ilmu Sastra.

Mahasiswa akan mempelajari teori sastra, langkah menganalisisnya, hingga sejarah karya sastra. Selanjutnya, mempraktikkan ilmu Sastra menjadi sebuah karya yang menarik, misalnya pementasan teater ataupun drama. Bagaimana, tertarik mengambil prodi ini?

2. Linguistik

Lain dengan Sastra, prodi Linguistik akan fokus mempelajari struktur bahasa. Mahasiswa akan dibimbing untuk mengkaji tata bahasa baik segi tulisan maupun lisan, bisa dibilang Linguistik adalah versi matematikanya bahasa, karena sifatnya yang sistematis.

Pada semester awal, mahasiswa akan mempelajari pemahaman Linguistik umum. Setelah itu mahasiswa akan diberi materi sejarah terbentuknya bahasa, struktur pembentukan kalimat, hingga pengucapan bunyi.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut