get app
inews
Aa Read Next : Yoyok Sukawi Merapat ke Golkar dan Melamar Koalisi Indonesia Maju

Soal Relokasi Warga Perumahan Dinar Indah Semarang Terdampak Banjir, Ini Kata Menko PMK

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:32 WIB
header img
Foto udara kondisi banjir bandang yang melanda Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan jika kawasan Perumahan Dinar Indah Semarang masih termasuk kategori aman. Muhadjir menilai, warga perumahan yang terdampak banjir bandang musiman tidak perlu direlokasi.

"Enggak perlu relokasi ya saya rasa. Masih aman kok, banjirnya juga tidak terus, musiman," kata Muhadjir saat meninjau Perumahan Dinar Indah di Semarang, Selasa (31/1/2023).

Perumahan Dinar Indah Semarang diterjang banjir bandang pada awal Januari lalu akibat jebolnya tanggul Sungai Pengkol yang bersebelahan dengan pemukiman warga, dan tercatat satu korban meninggal dunia.

Banjir bandang itu merupakan yang terparah, dan kesekian kalinya menerjang perumahan tersebut. Ketinggian air saat banjir bandang pada awal Januari lalu mencapai atap rumah warga.

Namun, Menko PMK berjanji akan segera mencari solusi bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar perumahan yang dihuni puluhan kepala keluarga (KK) itu tak lagi diterjang banjir bandang.

Apalagi, kata dia, saat ini bersamaan dengan bencana hidrometeorologi yang memungkinkan semakin tingginya peluang terjadinya bencana banjir, diperparah dengan pendangkalan sungai yang membahayakan perumahan itu.

Langkah pertama dengan penebalan konstruksi tanggul Sungai Pengkol dan kedua kemungkinan mengubah pola aliran sungai menjadi lurus, sehingga jika mendapatkan limpahan air dari daerah atas tidak melimpas ke permukiman tersebut.

Sementara warga perumahan tersebut menginginkan relokasi, karena khawatir banjir bandang kembali menerjang, seperti yang diutarakan paulin fallo yang juga ketua rt 06 di perumahan dinar indah.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut