get app
inews
Aa Read Next : Baking Soda Bisa Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta?

Mitos atau Fakta, Terlalu Sering Main HP Bisa Bikin Mata Juling?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 08:51 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa/doc.okezone)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kehidupan manusia kini tak pernah lepas dari gadget terutama handphone. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa, semuanya terbiasa dengan adanya benda satu ini. 

Namun ada banyak dampak buruk ketika terlalu lama menatap layar handphone, seperti mata kering hingga mata merah. Ada juga beberapa orang yang mengaggap terlalu lama bermain handphone bisa menyebabkan mata juling, apakah benar?

Spesialis Mata dari JEC, dr. Gusti G Suardana, SpM(K) menjelaskan, terlalu banyak main handphone tidak berpengaruh pada mata juling, kecuali seseorang punya riwayat mata plus, itu bisa menyebabkan mata juling akomodatif.

"Mata juling akomodatif artinya matanya plus terus juling masuk (ke dalam) kemudian kita kasih kacamata, kemudian kemungkinan akomodasi makin kuat maka makin parah bisa terjadi (juling). Tapi kalau tidak masuk kelompok itu tidak ngaruh," terangnya.

Menurut dr Gusti, hal yang justru paling berpengaruh ketika terlalu lama melihat layar handphone dengan jarak pandang yang dekat adalah menyebabkan mata minus.

"Makin banyak dia membuat matanya melihat dekat potensi menjadi minus atau semakin minus semakin besar. Itu sebabnya anak sekarang umur lima tahun matanya sudah minus 5 atau 6 karena dimanjakan melihat (handphone) terlalu dekat yang berlebihan," tuturnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr Gusti menyarankan agar melakukan teknik 20-20-20. Teknik 20-20-20 ini dirancang oleh ahli kacamata asal California, Jeffrey Anshel. Cara ini dikembangkan pada tahun 1990-an untuk membantu meringankan gejala mata lelah saat melihat layar gadget terlalu lama.

"Buat mata rileks dengan 20 menit menatap layar dan melihat jarak jauh 6 meter selama 20 detik," tutupnya.

(Mg/Ajeng) 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut