get app
inews
Aa Read Next : PN Jaksel Putuskan Gugatan Praperadilan Penyitaan HP Aiman Wicaksono Sore Ini

5 Daftar HP Ramah Lingkungan, Nomor 1 Beli HP Berarti Tanam Satu Pohon

Senin, 23 Januari 2023 | 15:42 WIB
header img
Rata-rata HP menyumbang limbah elektronik dan emisi gas rumah kaca 2 persen hingga 3 persen.

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Beberapa produsen ponsel mulai konsen terhadap masalah lingkungan terkait limbah elektronik dari produksi handphone (HP). Rata-rata HP menyumbang limbah elektronik dan emisi gas rumah kaca 2 persen hingga 3 persen.

Lalu, adakah HP yang ramah lingkungan? Dilansir dari ZDNET, Minggu (22/1/2023), berikut daftar HP yang diklaim ramah lingkungan:

1. Teracube 2E

Teracube 2E dibuat dengan 25 persen polikarbonat daur ulang, memiliki kemasan 50 persen lebih sedikit daripada model HP lainnya. Ponsel ini dilengkapi casing yang dapat terurai dengan mudah secara hayati.

Pengguna dapat memperbaiki HP mereka sendiri, memperpanjang usianya hingga melewati rata-rata usia HP lain, dua hingga tiga tahun lebih lama. Pabrikan juga mengatakan setiap pembelian Teracube artinya akan ada satu pohon yang ditanam melalui kemitraan dengan organisasi One Tree Planted.

2. iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro yang merupakan HP sultan ini adalah model iPhone paling ramah lingkungan. iPhone 14 Pro dibuat dengan 100 persen emas daur ulang di kabel semua kameranya, dan 100 persen elemen tanah jarang daur ulang di semua magnetnya.

Apple mengatakan mereka menggunakan 35 persen atau lebih plastik daur ulang dalam 15 komponen di iPhone 14 Pro. Jejak karbonnya hanya 65 kg dari produksi hingga daur ulang hampir 6 persen lebih sedikit dari iPhone 13 Pro.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut