get app
inews
Aa Read Next : Viral Pemudik Pulang Kampung Bawa Kulkas Diikat di Mobil, Netizen: Bahayain Orang Lain

Hindari Karat, Berikut Deretan Tips Ampuh untuk Mobil saat Musim Hujan

Selasa, 07 Februari 2023 | 22:09 WIB
header img
karat terjadi saat ada air yang mengendap di mobil terlalu lama

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Mobil yang sering digunakan pada saat hujan memang akan membuatnya terlihat kotor. Jika diabaikan akan membuat bodi mobil cepat kusam dan berkarat. Karat akan terjadi jika mobil terdapat air yang mengendap dalam waktu lama. 

“Musim hujan belum berakhir sehingga Anda wajib merawat bodi mobil supaya tidak kusam dan terhindar dari karat di workshop Body & Paint Auto2000,” kata Nur Irmansyah Tara Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan pers, Selasa (7/2/2023).

Untuk menhindari serangan karat dan bodi kusam akibat curah hujan yang tinggi, berikut adalah tips ampuh dari Auto2000:

1. Jangan Parkir di Ruang Terbuka
Parkir di ruang terbuka akan membuat cat mobil lebih mudah pudar karena hujan dan panas yang silih berganti datang. Perubahan cuaca dari hujan ke panas dan seterusnya akan membuat cat mobil mudah rusak. Usahakan mobil parkir di ruang tertutup dalam kondisi bersih dan kering.


2. Cek Karat di Bengkel
Karat merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu karena akan membuat struktur sasis dan bodi mobil menjadi rapuh. Walaupun sudah ada lapisan anti karat, sebaiknya dilakukan pelapisan ulang anti karat setiap 2 tahun sekali.

3. Perbaiki Bodi Mobil yang Baret
Karat bisa tumbuh pada bodi atau sasis mobil yang luka seperti baret atau penyok. Pemilik kendaraan bisa melakukan perbaikan bodi mobil di bengkel body and paints.


4. Lap Bodi Mobil Usai Kehujanan
Pastikan bekas air hujan tidak kering dengan sendirinya. Meski terlihat bersih, bekas air hujan mengandung banyak kotoran dan bersifat asam. Ketika bekas tersebut sudah mengering, maka noda kotoran akan tertinggal dan membuat cat mobil tampak kusam. Termasuk risiko memicu karat jika mengenai bodi mobil yang bagian catnya sudah terkelupas.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut