get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kematian Massal Terulang, Komnas HAM Imbau Petugas KPPS Tak Konsumsi Kopi Berlebihan

Peneliti Lakukan Riset Pengaruh Kopi pada Kesehatan Tulang, Ini Hasilnya

Rabu, 08 Februari 2023 | 16:37 WIB
header img
Peneliti Lakukan Riset Pengaruh Kopi pada Kesehatan Tulang, Ini Hasilnya. Foto: Istimewa

Semarang, iNewsSemarang.id-  Salah satu minuman yang tengah populer dan digemari oleh masyarakat belahan dunia adalah kopi. Kandungan kafein pada secangkir kopi dipercaya mampu membangkitkan energi untuk aktivitas. Tak heran, jika sebagian orang mengonsumsi kopi tiap harinya.

Manfaat dari minum kopi bisa meningkatkan rasa semangat, mengusir rasa ngantuk dan lesu. Selain itu, hasil penelitian baru-baru ini mencoba untuk membuktikan adanya hubungan kopi dengan tubuh. Lebih tepatnya meneliti dampak minum kopi dengan kesehatan tulang.

Berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan pada jurnal Food and Chemical Toxicology, konsumsi kafein yang berlebihan, dapat memicu peningkatan pelepasan kalsium (melalui urin). Pelepasan kalsium ini mampu menurunkan kepadatan tulang dalam tubuh dan imbasnya bisa meningkatkan risiko Osteoporosis.

Lebih lanjut, hasil riset menyatakan bahwa asupan kafein bisa menganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium (dari makanan).

Kendati demikian, hasil riset lain menunjukkan sebaliknya. Mengutip hasil studi yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang menyelediki hubungan antara kopi dan kesehatan tulang dengan mensurvei sebanyak 564 orang, menujukkan bahwa peminum kopi secara teratur punya kepadatan massa tulang yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tak minum kopi, dilansir dari NDTV, Rabu (8/2/2023).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut