get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Kota Semarang Semakin Panas, Kurangi Aktivitas di Jam Ini!

Gempa M5,4 Guncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Rusak

Kamis, 09 Februari 2023 | 20:45 WIB
header img
Dampak kerusakan gempa magnitudo 5,4 yang berpusat di darat Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) pukul 13.28 WIB. (ANTARA/HBMKG)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) siang. Gempa yang berpusat di darat itu menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan.

"Dampak gempa bumi ini menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Dia menjelaskan, episenter gempa bumi itu terletak pada titik koordinat 2,50 derajat Lintang Selatan dan 140,70 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," katanya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 mengguncang Jayapura, Kamis (9/2/2023) pukul 13.28 WIB. Guncangan gempa berdampak dan dirasakan masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas V MMI (Modified Mercally Intensity) atau getaran dirasakan hampir semua penduduk sehingga orang banyak terbangun.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut