get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Genbi UIN Walisongo 2022 Gelar Seminar Proposal untuk Penuhi KKN Mandiri Pengakuan

Rabu, 22 Februari 2023 | 15:30 WIB
header img
Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat UIN Walisongo Semarang 2022 menggelar seminar proposal (Sempro) dalam rangka memenuhi persyaratan KKN Mandiri Pengakuan, Senin (20/02/2023). Foto: Dok.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Unversitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang 2022 menggelar seminar proposal (Sempro) dalam rangka memenuhi persyaratan Kuliah Kerja Nyata Mandiri Pengakuan (KKN MP). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang lantai 3 Gedung KH Sholeh Darat, pada Senin (20/02/2023). 

Ketua Pusat Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LP2M) , Rikza Chamami menyampaikan soal KKN Pengakuan ini bisa saja dilakukan oleh sejumlah mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Adapun syarat utamanya seperti KKN umumnya, yakni mahasiswa yang telah memenuhi minimal 100 satuan kredit semester (sks). 

"KKN Pengakuan bisa untuk Mahasiswa yang tergabung dalam suatu instansi atau komunitas yang di dalamnya memiliki program pengabdian masyarakat," katanya. 

Untuk diakui sebagai KKN MP, Rikza menambahkan, mahasiswa harus menambah kegiatan sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh LP2M. Lebih lanjut, katanya, mahasiswa bisa berkomunikasi dengan LP2M agar diarahkan. 

"Setelah mendapatkan arahan, mahasiwa tersebut akan diarahkan untuk seminar proposal dengan jadwal yang telah ditentukan," jelasnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sempro merupakan sarana penyampaian program kerja oleh kelompok KKN agar program kegiatan dapat dikonversikan menjadi KKN MP. 

Adapun sempro GenBI UIN Walisongo Semarang dalam upaya diakui secara resmi sebagai KKN MP, dipimpin oleh Koordinator kelompok, Prima Sitepu. Sempro ini juga dihadiri oleh empat penguji, yakni sekretaris LP2M UIN Walisongo Semarang, Dr. Sya'roni, dan ketua pengabdian masyarakat, Dr. Rikza, serta dua staff ahli, Malik dan Muhammad. 

Dalam materinya, Prima memaparkan soal 12 program kerja (proker). Meliputi; 1. Cleaning up, 2. GenBI berbakat dan berbudaya, 3. GenBI mengajar, 4. Darling (tadarus keliling), 5. Ngabers (ngaji bersama), 6. Umkm binaan, 7. Kampung inggris, 8. Sehat bersama genbi, 9. Eco Green, 10. Webinar Moderasi Beragama, 11. Candu (cek wae neng posyandu), serta 12. Glove (give blood with love).

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut