get app
inews
Aa Read Next : Waspada Potensi Cuaca Ekstrem hingga 21 April! Sejumlah Wilayah Ini Bakal Diguyur Hujan

Sederet Penyakit Ini Sering Melanda Anak-anak Saat Musim Hujan, Berikut Penjelasan Dokter

Jum'at, 03 Maret 2023 | 19:03 WIB
header img
5 penyakit yang sering mengintai saat musim hujan (Foto: 123 RF)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Bermain di bawah hujan merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian anak. Orang tua kerap melarang anak-anaknya bermain saat hujan karena efek buruk dari hujan yang dapat menjadi awal media penyebaran berbagai penyakit.

Dr. Nina Dwi Putri, SpA(K), MSc (TropPaed), Dokter Spesialis Anak Sub Spesialisasi Penyakit Infeksi Tropik dan Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia menjelaskan, ada beberapa mode penularan yang disebabkan oleh hujan dan banjir.

"Beberapa penyakit dapat ditularkan melalui air yang terkontaminasi dan higienitas lingkungan tempat tinggal yang bisa memburuk akibat hujan atau banjir," ujar Dokter Nina dikutip dari Antara.

Lalu, apa saja penyakit yang dapat menyerang anak-anak saat musim hujan?

Berikut beberapa penyakit yang mengintai saat musim hujan:

1. Infeksi saluran cerna

Sistem pembuangan limbah yang buruk, kebersihan yang tidak terjaga, kepadatan penduduk, dan konsumsi air yang tidak sehat saat banjir turut menyebabkan infeksi pada saluran cerna. Untuk menghindari infeksi dari makanan dan air yang terkontaminasi, minta anak-anak untuk minum yang bersih dan matang, serta makan makanan yang sehat.

2. Influenza

Infeksi yang ditandai dengan demam, nyeri otot dan kepala, sakit menelan, lesu, dan dapat disertai gejala infeksi saluran napas. Sulit membedakannya dengan gejala Covid-19. Untuk itu, perlu pemeriksaan swab SARS-CoV-2.

3. Dengue

Genangan air dapat digunakan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk dan berpotensi meningkatkan paparan infeksi dengue. Infeksi virus dengue adalah salah satu penyakit umum yang menyerang anak-anak dan orang dewasa di musim hujan. Itu terjadi di daerah tropis.

Gejala demam berdarah termasuk ruam, demam tinggi, dan lainnya. Terapkan 3M plus untuk memberantas sarang nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut