get app
inews
Aa Read Next : Respon Hasil Quick Count, Ganjar: Saya Belum Melihat Kekalahan

Kirim Surat Penolakan Hasil Konfercab GP Ansor Demak ke Pusat, FPAC-PR: Kami Berharap Respon Cepat

Sabtu, 04 Maret 2023 | 21:47 WIB
header img
Penyerahan Surat penolakan hasil Konferensi Cabang GP Ansor Demak kepada tim sekretariat PP GP Ansor di Jakarta, pada Kamis (2/3/2023).

DEMAK, iNewsSemarang.id - Surat penolakan hasil Konferensi Cabang GP Ansor Demak telah diserahkan ke Pimpinan Pusat (PP) di Jakarta. Surat penolakan ditujukan kepada Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas dan telah diterima oleh tim sekretariat PP GP Ansor pada Kamis (2/3/2023), Ibnu Mubarok.

Surat yang telah ditandatangani 160 Pimpinan Ranting dan suara 7 PAC tersebut diserahkan oleh Forum Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Ranting (FPAC-PR) GP Ansor se Kabupaten Demak di Bulusari Sayung pada 27 Februari 2023 lalu.

Pengiriman surat penolakan tersebut sebagai upaya menyampaikan suara dan sikap dari kader GP Ansor paling rendah yakni Ranting mengenai proses Konfercab yang cenderung cacat prosedur. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Forum Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Ranting GP Ansor Kabupaten Demak, Choirul Huda.

“Kami masih berikhtiyar untuk menyuarakan jeritan hati kader di bawah atas proses Konfercab GP Ansor Demak yang tidak berjalan sebagaimana mekanisme yang disepakati maupun aturan organisasi,” katanya, Jumat (3/3/2023).

Menurutnya, dipilihnya langkah pengiriman surat penolakan ke pusat tersebut sebagai langkah yang terhormat melalui jalur organisasi.

“Kami sangat berharap adanya respons cepat dan bijaksana dari Pimpinan Pusat mengenai kasus ini. Kami masih terus berharap adanya Konfercab ulang yang dilaksanakan dengan fair, terbuka dan jauh dari kesan kedzoliman,” katanya.

Adapun, isi penolakan yang disampaikan ke PP GP Ansor tersebut di antaranya bahwa proses Konfercab di Bulusari Sayung cacat prosedur karena tidak melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) GP Ansor.

Semisal surat undangan dan formulir surat rekomendasi yang dikirim oleh panitia ke PAC dan Ranting banyak yang ditahan serta ada yang diberikan menjelang batas akhir penyerahan ke panitia.

Kemudian, adanya 11 Ranting di PAC Guntur telah dilakukan pelantikan tapi tidak diterbitkan Surat Keputusan (SK) asli dari Pimpinan Cabang, sehingga kehilangan hak sebagai peserta konferensi maupun hak suara melalui surat rekomendasi.

Selain itu, terdapat sejumlah Ranting di PAC Dempet merasa tidak tanda tangan surat rekomendasi, ternyata saat rekapitulasi muncul sejumlah 16 surat untuk dukungan pada kandidat Lathifa Fahri.

Selanjutnya, belum adanya mufakat antara dua kandidat ataupun mekanisme voting,  namun oleh pimpinan sidang telah ditetapkan salahsatu kandidat sebagai ketua terpilih secara aklamasi. Di waktu bersamaan, masih banyak pimpinan ranting yang mendapat undangan dari panitia tidak boleh masuk arena dan tertahan di pintu gerbang saat proses sidang.

“Padahal sehari sebelumnya saat proses rekap surat rekomendasi, pimpinan sidang menyampaikan bahwa nantinya kalau musyawarah mufakat tetap tidak tercapai maka akan ditempuh melalui voting. Tapi dua mekanisme itu dilanggar semua,” katanya.(*)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut