get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Jateng: Kegagalan dalam Perencanaan sama dengan Merencanakan Kegagalan

Terima Penghadapan Taruna Poltekip 54, Ini Arahan Pimti Kemenkumham Jateng

Kamis, 06 April 2023 | 18:42 WIB
header img
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terima 51 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tingkat IV Angkatan 54, Kamis (6/4/2023). Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jateng

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 51 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tingkat IV Angkatan 54 diterima Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah pada Kamis (6/4/2023). Penghadapan Kader Pemimpin itu diterima para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah di Aula Kresna Basudewa. 

Rencananya, mereka akan melakukan penelitian di beberapa UPT Pemasyarakatan yang ada di Jawa Tengah.Para taruna akan melakukan penelitian hingga akhir bulan April 2023.

Tampak, Kepala Kantor Wilayah Dr. A. Yuspahruddin, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto dan Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar. Plus, beberapa Pejabat Administrasi Kantor Wilayah.

Memberikan arahan, Kakanwil Yuspahruddin berharap para taruna bisa mengkaji lebih dalam tentang fenomena Pemasyarakatan yang sangat jelas terjadi.

Yuspahruddin mencontohkan, ada pergeseran yang signifikan terkait perkara pidana yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di masa terdahulu dibandingkan saat ini. Periode 90-an penghuni lapas dan rutan didominasi terpidana kasus pembunuhan dan pencucian. Saat ini, 60 sampai 70 persennya kasus narkotika.

"Bisa menjadi bahan penelitian. Ini menjadi fenomena yang sangat nyata. Kemudian, dengan penelitian itu, hasil bisa digunakan untuk melakukan pembinaan secara maksimal," kata Yuspahruddin Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng.

Kakanwil juga mengarahkan mereka untuk membuat penelitian bagaimana cara efektif melakukan pembinaan, dengan menggali berbagai sumber baik yang di dalam lapas ataupun sudah keluar dan yang sudah sukses dengan program pembinaan pemasyarakatan.

Penutup, mantan Kakanwil Kemenkumham Aceh itu mengajak taruna untuk bekerja dengan baik dan punya integritas yang tinggi.

Sebelumnya, Kadiv Administrasi berharap, hasil penelitian mereka dapat bermanfaat. Bukan hanya bagi lapas dan rutan terkait, tapi bagi pemasyarakatan secara umum.

"Dan hasil penelitiannya bisa menjadi referensi kepada seluruh divisi pemasyarakatan yang ada di Indonesia. Hasil dari Taruna Poltekip bisa sangat bermanfaat dan dapat didistribusikan sebagai bahan rujukan," tambah Hajrianor.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut