get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng: Jangan Sedikit-sedikit Pidana, Gunakan Pendekatan Restorasi of Justice

Hari Ini, Sistem One Way Lokal dari Tol Kalikangkung hingga Bawen Mulai Diberlakukan

Selasa, 18 April 2023 | 08:29 WIB
header img
Pantauan udara arus kendaraan pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Polda Jateng siap memberlakukan sistem one way lokal dari Tol Kalikangkung hingga Bawen mulai hari ini, Selasa (18/4/2023). Pemberlakuan sistem one way ini dalam rangka mendukung one way nasional di jalan tol yang dimulai pukul 14.00 WIB.  

“Kami siapkan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Bawen untuk one way lokal,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Posko Terpadu GT Kalikangkung, Senin (17/4).

Pemberlakuan sistem one way akan diawali dengan sterilisasi dua jam sebelumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem one way mulai dari Gerbang Tol Cikampek hingga Kalikangkung.

"Pengemban fungsi lalu lintas sudah dilatih kembali, cara bertindak dengan sterilisasi tiap dua jam saat diberlakukan one way kemudian mengeluarkan arus di daerah penyangga dari Krapyak Semarang sampai Brebes," kata Kapolda.

Sejumlah ruas jalur arteri disiapkan untuk menerima limpahan arus mudik dari ruas jalan tol. "Misal masih terjadi penumpukan di wilayah Kalikangkung, nanti diurai lewat gate Kaliwungu, Kaligawe, hingga sampai Batang atau kalau perlu tarik arusnya sampai Bawen," katanya.

Sementara arus mudik pada Senin pagi belum meningkat secara signifikan. Angka tertinggi arus mudik terjadi pada Minggu, 16 April 2023 yang mana menyentuh angka kenaikan 42 persen.

"Diprediksi peningkatan terjadi Selasa, (18/4). Namun, arus dimungkinkan dapat dikendalikan dengan penerapan one way nasional ditambah one way lokal," ujarnya.

Mengenai pemudik roda dua yang masuk ke wilayah Jateng, Kapolda menyebut pihaknya menyiapkan sejumlah cek poin di perbatasan. Dari titik cek poin tersebut para pemudik kemudian akan dikawal oleh petugas hingga ke daerah tujuan masing-masing.

Mantan Kapolresta Solo itu juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar memperhatikan kesiapan fisik kendaraan dan kebugaran pengemudi.

"Cek betul kondisi fisik kendaraan dan pastikan pengemudinya dalam kondisi fisik prima. Gunakan rest area sebagai tempat beristirahat seperlunya dan hindari beristirahat di bahu jalan tol," tandasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut