get app
inews
Aa Read Next : Gerhana Matahari Bikin Langit Australia Gelap 1 Menit, Ilmuwan: Ini Sangat Fantastis

Gerhana Matahari Hibrida Terlihat di Sejumlah Wilayah Indonesia, Berikut Potretnya

Kamis, 20 April 2023 | 15:00 WIB
header img
Gerhana matahari hibdrida terpantau secara virtual dari Pekutatan, Jembrana, Bali. (Foto: YouTube @InfoBMKG)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Sejumlah wilayah di Indonesia mendapatkan kesempatan langka untuk melihat fenomena alam gerhana matahari hibrida pada Kamis, (20/4/2023). Penasaran seperti apa potret Gerhana Matahari Hibrida di sejumlah wilayah Indonesia?

Gerhana Matahari peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi, tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil dibanding Matahari. 

Pada tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati di Bumi sama dengan Matahari. Oleh karena itu, saat puncak gerhana, Matahari tampak seperti cincin yakni gelap di bagian tengah dan terang di pinggirnya. 

Di sisi lain, Matahari seakan-akan menutupi Bulan. Akibatya, Gerhana Matahari hibrida terdiri atas dua tipe gerhana yakni Gerhana Matahari Cincin dan Matahari Total. Gerhana Matahari Hibrida yang melewati wilayah Indonesia berupa total dan sebagian. Indonesia tidak mengalami Gerhana Matahari Cincin. 

Jika ingin tahu seperti apa potret Gerhana Matahari Hibrida yang terjadi di sejumlah wilayah, berikut ini rangkumannya dari pengamatan BMKG dan juga BRIN Indonesia. 

Potret Gerhana Matahari Hibrida di Sejumlah Wilayah Indonesia

1. Pantai Ancol, Jakarta

2. Jembrana, Bali


Gerhana Matahari Hibrida di Bali (Foto: YouTube BMKG)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut