get app
inews
Aa Read Next : 7 Tempat Wisata Solo Wajib Dikunjungi saat Liburan Lebaran Idul Fitri

Keraton Amartabumi di Kendal Gelar Sungkeman Idul Fitri, Warga Berebut Ketupat

Rabu, 26 April 2023 | 13:25 WIB
header img
Tradisi sungkeman digelar rutin setiap Idul Fitri di Keraton Amartabumi di Kampung Jowo Sekatul, Kabupaten Kendal. Foto: iNews.id/Eddie Prayitno

KENDAL, iNewsSemarang.id Keraton Amartabumi di Kampung Jowo Sekatul,  Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal menggelar tradisi sungkeman. Acara yang digelar secara rutin setiap Idul Fitri itu berlangsung khidmat. Tampak puluhan warga berebut gunungan ketupat yang sebelumnya diarak keliling keraton.

Gerebek Gunungan Ketupat sebagai wujud rasa syukur atas berkah dari Tuhan, sehingga selalu diberi kesehatan, kelimpahan rezeki dan dijauhkan dari segala bahaya.

Ketupat yang memiliki segi empat menggambarkan kehidupan manusia yang memiliki empat unsur, yakni harus bersinergi dengan Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan dirinya sendiri.

Gunungan yang diarak menjadi rebutan warga. Mereka ingin mendapatkan keberkahan usai melaksanakan Idul Fitri.

Sementara acara sungkeman Raja Amartabumi, Sri Angling Prabu Punta Jayanegara Cakranagara Girinata dan istri diawali oleh putra raja Pangeran Garda Awang Jayanagara yang diikuti istri beserta cucu-cucu raja. Selanjutnya diikuti keluarga besar keraton, termasuk sentono dan abdi dalem.

“Tradisi sungkeman di Keraton Amartabumi dilakukan rutin pada hari raya Idul Fitri,” kata penasehat Keraton Amartabumi, KHR Purba Wijaya.
Pangeran Garda Awang Jayanagara mengatakan, sungkeman sebagai bakti kepada orang tua, dengan memohon maaf mengakui segala kesalahan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut