get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Puasa Syawal Dikerjakan Tidak Secara Berurutan? Ini Hukumnya

Pahalanya seperti Puasa Setahun, Begini Niat Puasa Syawal dan Waktu Pelaksanaannya

Kamis, 27 April 2023 | 23:34 WIB
header img
Puasa Syawal selama 6 hari setelah puasa Ramadan pahalaya seperti menjalankan puasa setahun. Ilustrasi: Ist

Puasa Syawal adalah amalan sunnah yang dilakukan setelah puasa Ramadan. Pahala puasa Syawal berlipat ganda, bahkan seperti puasa setahun. Dalam artikel ini akan diulas bagaimana bacaan niat puasa Syawal dan kapan waktu puasa syawal dilaksanakan.

Salah satu yang dianjurkan kala memasuki bulan Syawal adalah melaksanakan puasa sunah selama 6 hari. Bagaimana tata cara dan ketentuan, serta manfaat dari puasa Syawal tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Sudah cukup masyhur bahwa selepas puasa Ramadhan sebulan penuh dan merayakan hari Idul Fitri 1 Syawal, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa enam hari di dalam bulan Syawal.

Status hukum puasa Syawal adalah sunnah bagi orang yang tak memiliki tanggungan puasa wajib, baik qadha puasa Ramadhan atau puasa nazar. Bagi mereka yang punya utang puasa Ramadhan karena uzur (misalnya sakit, perjalanan jauh, atau lainnya), status hukum berubah menjadi makruh.

Namun, bagi mereka yang tidak berpuasa Ramadhan karena kesengajaan, tanpa uzur, status hukum menjadi haram. Sebaiknya, tunaikanlah dulu puasa wajib, baru kemudian puasa sunnah Syawal. 

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut