get app
inews
Aa Read Next : Waspadai 5 Penyakit Disebabkan Berpikir Negatif, Nomor 4 Bisa Mematikan

5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi agar Tetap Sehat Hadapi Suhu Panas Ekstrem

Jum'at, 28 April 2023 | 06:10 WIB
header img
Kedelai salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat di tengah suhu panas ekstrem.

Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara dilanda suhu panas ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Hal ini dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Agar tubuh tetap sehat menghadapi cuaca ekstrem ini, ada beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi.

Dilansir dari laman kemkes.go.id, Jumat (28/4/2023), suhu panas ekstrem tidak hanya menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak nyaman, tetapi juga dapat mengakibatkan tubuh rentan terserang berbagai penyakit.

Dijelaskan, kenaikan suhu tubuh yang terlalu cepat akibat pengaruh eksternal mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu yang dapat menyebabkan serangkaian penyakit.

Dengan adanya fenomena ini, masyakarat diminta agar menjaga diri dan menjaga kesehatan. Di tengah suhu panas ekstrem yang terjadi di Indonesia, Anda juga harus mulai memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini tips yang dilansir dari laman NDTV.

Rekomendasi 5 makanan hadapi suhu panas ekstrem agar tubuh tetap sehat

1. Konsumsi Buah

Penting untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat suhu sedang panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk.  Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama halnya seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

2. Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyak minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

3. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan paling menyegarkan dan sangat cocok dikonsumsi saat suhu sedang panas. Selain itu, yogurt dapat dikonsumsi dengan berbagai cara dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk. Buttermilk juga dapat membantu mengurangi panas pada tubuh.

Selanjutnya, lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat pergerakan usus, dan tidak dapat ditemukan dalam makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt membunuh bakteri jahat di usus, mencegah diare dan membantu menciptakan lingkungan usus bagian dalam yang sehat.

Dengan kata lain, produk susu fermentasi ini dapat dikatakan sebagai pembersih usus. Yogurt meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan merangsang hormon saturasi di usus karena mengandung lemak dan protein hewani berkualitas tinggi.

4. Konsumsi Sayuran

Tak lupa Anda juga harus memperbanyak makan sayuran saat udara sedang panas-panasnya. Konsumsi sayur-sayuran yang mengandung banyak air di dalamnya, sehingga tubuh tetap terhidrasi dan tidak mudah sakit.

Ada banyak jenis sayuran yang mengandung kadar air banyak, misalnya saja mentimun. Di dalamnya terdapat 96,7 persen kandungan air dan sangat direkomendasikan dikonsumsi sehari-hari. Sayuran yang punya banyak kandungan air selanjutnya adalah lobak. Di dalamnya mengandung 95,3 persen kadar air, sayur satu ini biasanya dijadikan paduan sayur maupun salad.

5. Kedelai

Kedelai dan produknya seperti tahu dan edamame merupakan sumber protein yang sangat bagus. Bahkan jenis kacang-kacangan ini punya kandungan air serta direkomendasikan untuk dikonsumsi saat suhu panas. Makanan kaya protein seperti unggas dan daging merah dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga membuat Anda merasa panas. Oleh karena itu, bisa mengimbanginya dengan menyantap kedelai hingga sayuran atau buah-buahan, agar tubuh tetap terhidrasi serta tidak gampang sakit.

Itulah beberapa makanan yang perlu dikonsumsi agar tubuh tetap sehat di tengah suhu panas ekstrem.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut