KENDAL, iNewsSemarang.id - Tanpa menaikkan tarif kepada pelanggan, laba PDAM Tirta Panguripan Kendal tiap tahun mengalami kenaikan. Tarif pelanggan tidak pernah dinaikkan hampir 10 tahun lamanya.
Dirut PDAM Tirta Panguripan Kendal, Sunanto mengatakan, pihaknya tidak pernah menaikkan tarif ke pelanggan sejak tahun 2014 silam, meskipun ada intruksi dari Gubernur Jateng bahwa tarif bawah dan atas bisa dinaikkan.
Meski demikian, laba atau keuntungan yang didapat PDAM Tirta Panguripan Kendal tiap tahun selalu mengalami peningkatan.
"Selain laba, pelanggan PDAM Tirto Panguripan Kendal dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan secara signifikan," kata Kepala Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Sunanto, saat menggelar acara Halalbihalal, di Kantor PDAM Tirto Panguripan Kendal, Selasa (16/05/2023).
Sunanto menjelaskan, di tahun 2016, laba yang berhasil di dapat Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal sekitar Rp 3,8 miliar, di tahun 2017 meningkat menjadi sebesar Rp 4,4 miliar, dan senantiasa mengalami peningkatan tiap tahunnya. Terbukti, di tahun 2020, lanjut Sunanto, laba yang didapat Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal sebesar Rp 8,5 miliar, untuk di tahun 2021 meningkat sebesar Rp 9,3 miliar.
"Untuk di tahun 2022, laba meningkat sebesar Rp 11 miliar. Meningkatnya laba Rp 11 miliar itu melebihi target yang dipatok pada 2022 senilai Rp 9 miliar. Sedangkan untuk setoran PAD Kendal juga meningkat, dari tahun 2020 setoran untuk PAD sebesar Rp 3,4 miliar, di tahun 2021 meningkat sebesar Rp 3,8 miliar dan di tahun 2022 meningkat sebesar Rp 4,6 miliar," ujarnya.
Sunanto menyampaikan, pihaknya hingga saat ini juga terus melakukan perbaikan dan perawatan demi kenyamanan pelanggan.
"Untuk pipa yang kecil yang hanya mampu menyalurkan ke 100 pelanggan, kita sudah mengantinya dengan pipa yang baru yang lebih besar lagi dan yang mampu menyalurkan hingga 1000 pelanggan. Untuk perbaikan dan perwatan pipa, saat ini tinggal lima persen," tandasnya.
Sementar, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap, PDAM Kendal bisa terus berinovasi dan membuat terobosan- terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan yang prima, cepat dan mudah, bagi masyarakat
Dico juga berharap, PDAM Kendal untuk bisa terus memberikan sosialisasi atau pemahaman yang benar dan tepat kepada masyarakat ketika terjadi permasalahan terkait air bersih.
"Ketika terjadi permasalahan, saya berharap petugas Perumda Tirto Panguripan Kendal bisa bergerak cepat untuk terjun ke lokasi dan mampu mengatasinya dengan baik," harap Dico.
Editor : Agus Riyadi