get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Cuaca Terasa Gerah Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Analisis BMKG, Gempa Bumi Bantul Jenis Gempa Menengah

Jum'at, 30 Juni 2023 | 20:48 WIB
header img
Gempa Bantul membuat warga Ponorogo berhamburan foto: iNewsPonorogo.id/Putra

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan laporan analisis gempa bumi Bantul M6,4 yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gempa tersebut terjadi pada Jumat, 30 Juni 2023 pukul 19.57.43 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bantul ini memiliki magnitudo M6,0," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,63° LS ; 110,08° BT, atau lebih tepatnya di laut dengan jarak 81 km arah Selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada kedalaman 67 km.

Daryono menjelaskan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini termasuk dalam jenis gempa menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)."

Daryono juga menyebutkan bahwa gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, dan Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI (dirasakan oleh orang banyak dalam rumah pada siang hari), serta Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seperti truk melintas).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 20.30 WIB, BMKG telah memantau adanya 2 (dua) gempa susulan dengan magnitudo terbesar M3,9," ungkap Daryono.

Daryono juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia juga menyarankan agar memeriksa keadaan bangunan tempat tinggal mereka, memastikan bahwa bangunan tersebut cukup tahan gempa dan tidak mengalami kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan sebelum kembali ke dalam rumah.

 

 

Re

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut