get app
inews
Aa Read Next : Idulfitri Tahun 2024, Kemenkumham Jateng Serahkan SK Remisi di Lapas Kendal

Pabrik Silase Beroperasi, Lapas Kendal Gelar Doa Selamatan

Senin, 10 Juli 2023 | 12:12 WIB
header img
Lembaga Pemasyarakatan Terbuka (LPT) Kendal mengadakan doa selamatan dan potong tumpeng untuk merayakan dibukanya kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas tersebut (9/7/2023).

KENDAL - Lembaga Pemasyarakatan Terbuka (LPT) Kendal mengadakan doa selamatan dan potong tumpeng untuk merayakan dibukanya kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas tersebut (9/7/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh warga binaan, petugas lapas, dan pengurus Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara.

Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy, menjelaskan bahwa kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas merupakan sarana pembinaan kemandirian bagi narapidana.

“Kegiatan ini telah direncanakan, diuji coba, dan akhirnya dapat berproduksi mulai bulan Juli 2023. Para narapidana di lapas tersebut mengolah limbah pertanian berupa batang dan daun jagung menjadi pakan ternak dengan metode silase,” kata Kalapas.

Keunggulan pakan ternak silase ini adalah dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama dan mengandung nutrisi yang baik untuk ternak ruminansia. Pembuatan pakan ternak silase ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan stok pakan ternak yang memadai.

Rusdedy juga mengungkapkan bahwa keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan yang diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetyono, M.S., M.Agr., IPU, Guru Besar dan Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (Undip).

Perencanaan, kelayakan usaha, cara produksi, penggunaan teknologi, hingga pemasaran, semua dibimbing oleh Prof. Bambang.

Kegiatan produksi pakan ternak silase ini juga dapat terlaksana berkat kerjasama antara Lapas Terbuka Kendal dan Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara, yang telah menjadi mitra lapas sejak tahun 2022.

Acara doa selamatan dilaksanakan dengan harapan mendapatkan keberkahan dalam usaha ini sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada semua pihak, terutama kepada warga binaan.

Lapas Terbuka Kendal berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi contoh yang baik dalam upaya pembinaan narapidana dan pemanfaatan potensi limbah pertanian untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi.

Dalam acara tersebut, suasana penuh kebersamaan terlihat dari kehadiran seluruh warga binaan, petugas lapas, dan pengurus Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara. Semua pihak berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan dalam upaya rehabilitasi narapidana serta kontribusi dalam pengembangan sektor peternakan. (eka setiawan)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut