get app
inews
Aa Read Next : Kemenkes Apresiasi Pemkot Semarang dalam Upaya Penanganan Stunting dan KEK Ibu Hamil

Cegah Stunting dan Anemia Sejak Dini, Dinkes Kendal Launching Gemas Tania

Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:09 WIB
header img
Launching Gemas Tania Dinkes Kendal di SMA Negeri 1 Kendal.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Terobosan baru untuk mendeteksi dini terjadinya stunting dan anemia pada remaja putri dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal. Aksi ini dilakukan dengan melaunching “GEMAS TANIA” (Gerakan Remaja Sehat Tanpa Anemia) yang digelar di SMA Negeri 1 Kendal, Jumat (14/7/2023).

Kepala Dinkes Kendal, dr Abidin mengatakan, upaya untuk mendeteksi dini terjadinya stunting dan sebagai pencegahan dini terjadinya anemia pada remaja putri.

"Melalui kegiatan ini kami juga melakukan pemantauan minum tablet tambah darah pada remaja putri satu tablet setiap hari Jumat, dan membiasakan anak sekolah selalu sarapan pagi, serta membiasakan makan buah dan sayur," katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang hadir di tengah acara launching ini mengaku sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan dan semua pihak yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, karena kegiatan ini sebagai deteksi dini pencegahan stunting, kematian Ibu, bayi dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) anak melalui pemeriksaan hemoglobin pada remaja putri jenjang SMP dan SMA/sederajat di Kabupaten Kendal.

"Melalui kegiatan Germas Tania diharapkan kasus anemia cepat tertangani, yang mana remaja putri merupakan calon ibu yang akan melahirkan generasi penerus bangsa," ujar Bupati Kendal.

Bupati Kendal juga berharap, agar semua sekolah SMP-SMA di Kendal melakukan pemeriksaa hemoglobin pada anak baru masuk sekolah, dan semua siswa putrinya mau dan rutin minum tablet tambah darah, sehingga kasus remaja anemia bisa cepat tertangani untuk mewujudkan remaja putri sehat berseri berprestasi, dan sehat tanpa anemia di Kabupaten Kendal.

Lebih lanjut, Bupati Dico mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus berupaya untuk menurunkan angka stunting, termasuk dengan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mencegah dini terjadinya stunting pada anak.

"Harapan kami semoga program ini dapat menjadi titik terang kita dalam memberantas stunting di Kabupaten Kendal khususnya bagi remaja, dan kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin dan konsisten di semua sekolah yang ada di Kendal, bila perlu kita kembangkan sampai ke desa-desa atau tingkat kelurahan," harapnya.

Sedangkan, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kendal, Endang Jumini, S.Gz, M.Si menjelaskan, bahwa kegiatan launching Gemas Tania ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, senam bersama, sarapan bersama, penyuluhan kesehatan, makan buah bersama, minum tablet tambah darah bersama 256 siswa putri dan dilakukan pemeriksaan hemoglobin kepada 100 siswa putri.

Perlu diketahui bahwa program tersebut merupakan program Inovasi yang digagas oleh Endang Jumini selaku Kabid Kesmas sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak dini, sehingga nantinya akan melahirkan generasi - generasi yang sehat dan berprestasi.

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut