get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan di Pelintasan Sumpiuh Banyumas, 2 Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api

Operasi SAR Pencarian 8 Penambang Emas Terjebak Lubang Galian di Banyumas Resmi Dihentikan

Selasa, 01 Agustus 2023 | 19:17 WIB
header img
Tim SAR gabungan membongkar pompa yang digunakan untuk menyedot air dari lubang galian tambang emas, di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (1/8/2023). Foto: IST

PURWOKERTO, iNewsSemarang.id - Tim SAR gabungan akhirnya memutuskan untuk menghentikan dan menutup operasi penyelamatan delapan penambang emas yang terjebak di dalam lubang galian tambang di Desa Pancuredang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas pada Selasa (1/8/2023). Sebanyak delapan penambang hingga saat ini belum ditemukan.

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengungkapkan berakhirnya operasi SAR oleh tim SAR gabungan ini setelah melakukan musyawarah dan analisa oleh para ahli.

"Dari hasil analisa serta musyawarah antar tim SAR Gabungan dan para ahli dan keluarga korban, maka operasi saat dinyatakan ditutup,” kata Adah Sudarsa, selaku SAR Mission Coordinator (SMC).

“Apabila terdapat informasi dan atau tanda-tanda korban untuk dapat dievakuasi, maka operasi SAR dapat dibuka kembali sewaktu waktu," katanya dikutip dari iNewsPurwokerto.id.

Sementara Komandan Korem 071 Wijayakusuma, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma mengatakan, jika banyak pertimbangan untuk menutup operasi SAR gabungan ini. 

Salah satunya tidak adanya perkembangan signifikan untuk mengurangi debit air dan banyak kendala yang dihadapi untuk bisa melakukan evakuasi di sumur galian tambang tersebut.

"Sampai dengan saat ini belum ada perkembangan yang signifikan terhadap hasil evakuasi kita. Terdapat kendala utama yaitu tantangan geografis karena lubang yang ada tergenang oleh air, sehingga ini menyulitkan kita untuk evakuasi,” kata Danrem.

“Kemudian juga keadaan tambang yang dalam, dan juga akses menuju ke lubang yang sangat sempit sehingga sampai saat ini kita masih belum bisa melakukan evakuasi," ujarnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut